Take a fresh look at your lifestyle.

Calon Rektor UPS Tegal Mulai Bermunculan

249

KANTOR SEKRETARIAT : Kepala Tata Usaha YPP Djatmiko Teguh Haryono di Kantor Sekretariat Pendaftaran Rektor UPS Tegal, yang ruangannya satu lokasi dengan kantor yayasan perguruan tinggi itu, saat menerima telepon dari sejumlah pihak, yang menanyakan perihal persyaratan pendaftaran.(Foto : smpantura.com/Riyono Toepra-red07)

* Pakar Ekonomi UNJ Dr Mohamad Rizan SE MM Mendaftar

TEGAL – Pendaftar calon Rektor Universitas Pancasakti (UPS) Tegal, yang semula sepi peminat, kini mulai bergairah. Hal itu dengan mulai bermunculannya berbagai pakar yang mulai mendaftar.

Itu terlihat dari Kemunculan pendaftar pertama, Mantan Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Semarang (Unnes), periode 2015-2019, Prof Dr Fakhrudin MPd, pada sekitar pukul 14.53, Kamis (2/1).

Kemudian, menjelang dini hari, sekitar pukul 24.00, website atau laman Sekretarian Pendaftaran Rektor UPS Tegal, menerima berkas lamaran via e-mail dari pakar ekomomi yang pernah menjabat Kaprodi Manajemen FE Universitas Negeri Jakarta, Dr Mohamad Rizan SE MM.

”Jadi kami menerima berkas pendaftarannya yang sudah discan dan data-data lainnya menjelang Jumat dini hari. Pendaftarnya atas nama Dr Mohamad Rizan SE MM. Ini kan karena selama pendaftaran dibuka sejak 11 Desember 2019 lalu, website kami selalu online. Ini sampai pendaftaran ditutup pada Selasa 7 Januari 2020 pukul 24.00. Sepanjang rentang waktu yang sudah ditentukan siapa pun silakan mendaftar. Asalkan sesuai dengan persyaratan umum dan khusus,” terang Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Pendaftaran dan Pemilihan Rektor UPS Tegal, Dr Ahmad Hanfan SE MM , didampingi sejumlah anggota pansel lainnya, Jumat (3/1).

Menurut dia, kemunculan sejumlah lektor kepala bergelar doktor maupun profesor yang mendaftar, bakal membuat persaingan dalam pemilihan Rektor UPS Tegal kian ketat. Apalagi, ada kemungkinan besar muncul pendaftar lainnya dari kalangan interen kampusnya.

Persaingan Ketat

Dari informasi yang dihimpun, kalangan interen kampus tersebut yang rencananya mendaftar adalah Direktur Pascasarjana Dr Hamidah Abdurachman. Kemunculan mantan komisioner Kompolnas, dinilainya bakal menambah persaingan ketat dalam pemilihan rektor.

Dr Ahmad Hanfan SE MM berharap, jumlah pendaftar akan terus bertambah. Khususnya dari kalangan interen kampus. ”Ya kami tak akan membatasi jumlah pendaftar. Baik dari kalangan interen kampus maupun luar kampus,” ucap dia.

Sementara itu Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) selaku penyelenggara pendidikan di perguruan tinggi tersebut, melalui Ketuanya Dr Imawan Sugiharto SH MH mengatakan, pihaknya sangat mendukung upaya yang dilakukan pansel yang memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pendaftar calon rektor perguruan tingginya.

Antara lain, soal batas usia. Sepanjang masih bisa produktif dan kemampuannya dapat diandalkan, tentu perguruan tingginya masih membutuhkan sosok seperti itu. Apalagi bergelar Profesor Doktor dan memiliki jaringan luas dengan perguruan tinggi di luar negeri.

Karena kehadiran guru besar maupun pakar bergelar seperti itu, akan menambah penilaian di bidang akreditasi kelembagaan atau perguruan tinggi bersangkutan.

”Jadi Mantan Rektor UPS Tegal seperti Dr Maufur MPd, maupun pejabat rektor yang sekarang Dr Burhan Eko Purwanto MHum, juga masih layak bersaing dalam pencalonan rektor. Bila mendaftar, tentu akan menjadi pilihan yang menarik dan menambah persaingan cukup ketat,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA