Take a fresh look at your lifestyle.

Calon PPK Harus Melek IT

145

PEMALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang segera membuka perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020.
Para calon Panitia Pemilihan Kecamatan yang akan mendaftar harus melek atau paham dengan Informasi dan Teknologi (IT).

“Berdasarkan tahapan yang telah ditentukan oleh KPU pada bulan Januari ini tahapan rekruitmen PPK segera dimulai. Pada tanggal 15 Januari, KPU Pemalang akan mengumumkan ke seluruh desa di Pemalang, dan pendaftarannya mulai tanggal 18-24 Januari 2020,” ujar Agus Setiyanto, Komisioner KPU Kabupaten Pemalang, baru baru ini.

Dia mengatakan, pihaknya memerikan kesempatan pada masyarakat untuk mendaftar sebagai PPK untuk Pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020. Bagi yang merasa mampu dan memenuhi syarat yang ditentukan untuk segera mempersiapkan berkas yang dibutuhkan mulai saat ini. Pendaftaran PPK waktunya hanya tujuh hari, untuk bisa melengkapi persyaratan yang dibutuhkan harus segera diurus. Dalam rekruitmen PPK tahun ini berbeda dengan pemilihan pemilihan sebelumnya. Hal yang membedakan yaitu salah satu syaratnya, harus mampu mengoperasikan perangkat Informasi dan Teknologi (IT) dan bebas dari penyalagunaan narkoba. KPU Pemalang membutuhkan sebanyak 70 orang yang akan terserba di 14 Kecamatan, dengan rincian penempatan 5 orang disetiap kecamatan. Peserta juga harus memiliki Ijazah minimal SMU/sederajat, surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari rumah sakit/puskesmas, dan surat pernyataan lainnya.

“Salah satu alasan PPK harus melek IT yaitu, dalam Pilgub tahun 2020 cara rekap akan menggunakan basis teknologi. Untuk itu semua penyelenggara harus bisa mengoperasikan dan paham teknologi minimal yang berbasis android,” tandasnya.

Ia menambahkan, selain itu calon PPK yang direkrut harus memiliki integritas dan berkualitas. Sebab pihaknya ingin merekrut ad hoc yang akan berdiri di atas ideologi penyelenggara, jujur, adil, transparan, dan berpedomaman pada aturan hukum yang ada. Terkait dengan IT, para calon PPK memang harus bisa menguasainya, sebab dalam berbagai laporan pihaknya akan berbasis IT, hal itu lebih memudahkan kerja para penyelenggara. (H77Red_03)

BERITA LAINNYA