Take a fresh look at your lifestyle.

Cabai Sortiran Laris Dibeli Konsumen

141

TEGAL – Mahalnya harga cabai kualitas bagus, menjadikan cabai sortiran laris diburu konsumen di Pasar Pagi, Kota Tegal, Jumat (5/3). Kini, harga cabai mampu menembus Rp 110.000 per kilogram. Cabai sortiran selalu laris diburu sebagai alternatif untuk dikonsumsi.

Salah seorang penjual cabai sortiran, Fitri (57) mengaku, sengaja menjual cabai yang hampir busuk untuk mencegah kerugian. Sebab, disaat harga cabai meroket, omzet penjualannya merosot tajam karena para pelanggan mengurangi pembelian.

Menurutnya, cabai sortiran itu berasal dari campuran berbagai jenis cabai. Meski kondisinya mulai membusuk, namun cabai sortiran diakui masih layak dikonsumsi untuk bumbu memasak.

“Pembelinya mayoritas dari kalangan pedagang masakan, karena untuk menekan biaya modal. Untuk satu kilogram saya jual Rp 25.000. Alhamdulillah bisa untuk menutup modal,” bebernya.

Diketahui, harga cabai di Kota Tegal masih terbilang cukup tinggi. Paling mahal terjadi pada cabai rawit merah yang mencapai Rp 110.000 per kilogram, cabai merah keriting dan cabai rawit biasa Rp 60.000, cabai merah biasa Rp 50.000. Diketahui, mahalnya harga cabai disebabkan stok cabai berkurang karena gagal panen.

Sementara, salah seorang pedagang UMKM, Nawalal Khusna (23) mengaku sudah lama tidak membeli cabai kualitas bagus untuk usaha jajanan seblaknya. Dia lebih memilih membeli cabai giling halus yang jauh lebih ekonomis.

“Daripada beli Rp 70.000 sampai Rp 80.000, mending beli cabai giling yang lebih murah. Biasanya saya membeli seperempat kilogram Rp 15.500 atau setengah kilo Rp 25.000,” tandasnya. (*)

BERITA LAINNYA