Take a fresh look at your lifestyle.

Bus Tujuan Jakarta Masih Banyak Penumpang

336

PEMALANG – Penumpang bus tujuan Jakarta dari terminal Pemalang masih banyak di tengah pandemi Covid-19. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pemalang, Akhmad Fatah mengatakan saat dirinya melakukan peninjauan ke terminal tersebut mendapati pemberangkatan bus penuh penumpang mencapai sebanyak 150 unit/hari.

 

“Saya cek ke terminal pemberangkatan bus pada pagi hari mencapai sebanyak 70-an unit, malam hari bisa sampai 80 unit,”kata Fatah, Selasa (7/4).

 

Data tersebut cukup mengejutkan sebab apabila satu buah bus membawa penumpang sebanyak 40 orang saja maka dalam sehari semalam terdapat sebanyak 6.000 orang bepergian ke Jakarta. Padahal dalam masa pandemi Covid-19 ini pemerintah daerah gencar mendata perantau yang mudik untuk menekan risiko penularan Covid-19. Jumlah pemudik sampai Selasa kemarin mencapai sebanyak 44.518 orang.

Pendataan ini memberdayakan pemerintah desa sebab tidak semua pemudik menggunakan bus dan turun di terminal, ada yang turun di lokasi lain dan ada juga yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.

 

Sementara itu tingginya warga yang bepergian ke Jakarta dengan menggunakan bus lantaran mereka tidak bisa leluasa menggunakan kereta api (KA). Kepala Stasiun Pemalang Sarwi mengatakan KA yang mengangkut penumpang dari Pemalang tujuan Jakarta semula banyak namun sekarang hanya ada dua buah.

 

“PT KAI menempuh beberapa kebijakan pada masa pandemi Covid-19 ini salah satunya adalah mengurangai jadwal perjalanan KA,”kata Sarwi saat menerima kunjungan Kepala Dishub Pemalang.

 

Selain kebijakan mengurangi jadwal perjalanan KA, PT KAI juga mengurangi jumlah penumpang dalam satu gerbong menjadi diisi separuh. Pengurangan jumlah penumpang ini lantaran menerapkan social and phisical distancing.

 

Kebijakan selanjutnya adalah mewajibkan semua penumpang KA untuk menggunakan masker dan cek suhu tubuh penumpang dengan termometer di pintu masuk.

 

Namun demikian meskipun ada pengurangan jadwal KA dan pembatasan penumpang serta aturan lainnya Dishub berencana memasang bilik semprot bagi penumpang yang baru tiba di stasiun Pemalang. Penumpang yang baru tiba akan disemprot dengan cairan yang aman namun bisa membasmi virus. Pemasangan bilik ini semata-mata untuk melindungi warga Pemalang dari penyebaran Covid-19.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA