Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Wihaji Raih Penghargaan Pembina Forum Anak Terbaik 2019

146

BATANG- Bupati Wihaji kembali membawa nama Kabupaten Batang meraih prestasi di level nasional. Kali ini dua penghargaan diborong sekaligus dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional.

Bupati Wihaji mendapat penghargaan sebagai Pembina Forum Anak Terbaik 2019. Sementara itu, Kabupaten Batang mendapat penghargaan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2019 kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Yohana Yembise. Penghargaan ini diberikan dalam acara yang digelar di Makassar, Sulawesi Selatan.

Bupati Wihaji menjelaskan, dua penghargaan yang diterima menunjukan apa yang telah dilakukan Pemkab Batang diapresiasi dan dinilai positif oleh pemerintah pusat. Sebelumnya, tim dari pemerintah pusat mendatangi secara langsung Kabupaten Batang dalam rangka penilaian penghargaan tersebut.

” Ini pertama kali Batang meraih penghargaan seperti ini. Kita bersyukur karena di tahun ini Batang mendapat dua penghargaan sekaligus. Saya sebagai kepala daerah mendapat penghargaan sebagai Pembina Forum Anak Terbaik 2019 dan Batang sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2019 kategori Pratama,” ujarnya, Rabu (22/7).

Dia menjelaskan, ada banyak kriteria dan indikator yang harus dipenuhi dalam kompetisi ini. Seperti ada tidaknya
regulasi yang mengatur tentang perlindungan anak, kebijakan-kebijakan keberpihakan pada anak, dan berbagai aspek lainnya. Di Batang sendiri, saat ini sudah ada Peraturan Daerah (Perda) tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak, kebijakan mematikan handphone dan televisi di jam belajar saat malam hari, serta kebijakan lain yang dikeluarkan.

” Regulasi dan kebijakan yang dibuat merupakan bukti keberpihakan pemerintah daerah Batang dalam perlindungan terhadap anak. Tim dari pemerintah pusat juga mendatangi berbagai tempat yang menjadi bahan penilaian untuk melihat kondisi yang ada di Kabupaten Batang,” tuturnya.

Wihaji menambahkan, pemerintah pusat mengharapkan pemberian penghargaan ini ditindaklanjuti dengan program-program oleh Pemkab Batang. Misalnya menyediakan berbagai fasilitas agar hak-hak anak bisa dipenuhi. Seperti layanan publik layak anak, taman hiburan layak anak, alun-alun layak anak, atau tempat wisata layak anak. Selain itu, penyusunan regulasi di tingkat daerah juga diharapkan bisa melibatkan Forum Anak guna memastikan kebijakan yang dibuat bisa pro terhadap perlindungan dan pengembangan kualitas kehidupan anak.

” Kami berharap ke depan hak-hak anak akan semakin bisa dipenuhi dengan baik. Termasuk dalam pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Kita juga menginginkan agar dari Batang ke depan muncul generasi-generasi hebat yang dilahirkan dalam setiap zaman. Perubahan zaman yang cepat mau tidak mau harus diikuti dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” katanya.

(trisno /red38)

BERITA LAINNYA