Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Wihaji Bentuk Pasukan Got

133

BATANG– Bupati Batang Wihaji sudah menerbitkan surat keputusan (SK) pembentukan pasukan got yang rencananya pada 17 Agustus mendatang akan langsung melakukan aktivitas pembersihan got atau saluran air. Pasukan got juga akan beraksi sebelum musim penghujan tiba untuk mengantisipasi luapan air atau potensi terjadinya banjir pada musim penghujan.

” Tugas pasukan got membersihkan saluran drainase. Mereka bekerjasama dengan pemangku kepentingan atau stakeholder dari Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemukiman, Dinas Lingkungan Hidup, komunitas pecinta lingkungan dan relawan,” ujar Wihaji usai rapat kordinasi pasukan got di Ruang Abirawa Selasa, (6/8).

Dia menyampaikan, Batang menjadi langganan banjir di musim penghujan. Pasukan got dibentuk untuk mencari penyebab banjir selain alam, yakni titik sumbatan air di drinase untuk dibersihkan. Teknis kerja pasukan tersebut akan difokuskan pada titik penyumbatan ataupun normalisasi sungai dan drainase di wilayah perkotaan. Seperti di Sungai Watesalit, got dan sungai Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada  dan beberapa sungai-sungai penghambat air.

” Pasukan got dilengkapi dengan peralatan berat, peralatan safety riding bagi petugas dan kesejahteraan mereka juga kita perhatikan. Ini karena pekerjaannya cukup berat untuk normalisasi saluran air,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, pasukan got bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong di masyarakat. Karena di era sekarang gotong royong sudah mulai luntur, bahkan sudah cenderung tidak lagi melakukan kerja bakti. Untuk di Kabupaten Batang yang sudah didata terdapat sejumlah 6.000 saluran.

Wakil Bupati Batang Suyono yang ikut dalam rapat koordinasi tersebut mengatakan, anggota pasukan got harus memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

” Pasukan got harus jelas tugas pokok dan fungsinya. Mereka harus peka dan terhadap aduan masyarakat. Jangan sampai mereka tahu ada sumbatan di got, tapi malah dibiar saja,” jelasnya.
(Trisno/red3) 

BERITA LAINNYA