Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Umumkan Warga Kabupaten Tegal Pertama Positif Korona

787

SLAWI – Bupati Tegal, Hj Umi Azizah mengumumkan warga Kabupaten Tegal yang tinggal di Desa Debong Wetan, Kecamatan Dukuhturi, positif terinveksi Virus Korona (Covid-19). Warga yang berjenis kelamin perempuan berusia 49 tahun itu, dirawat di RSUD Kardinah Kota Tegal. Sementara itu, keluarga pasien yang berjumlah enam orang, kini menjalani karantina mandiri di rumahnya untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

“Laporan dari Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Tegal, warga Debong Wetan, Kecamatan Dukuhturi yang dirawat di RSUD Kardinah Kota Tegal, positif Korona,” kata Umi Azizah saat jumpa pers di Gedung A Setda Tegal, Senin malam (6/4).

Dikatakan, perempuan yang sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) merupakan warga asal Kabupaten Tegal yang kali pertama positif terjangkit Virus Korona. Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Bali yang merupakan daerah yang telah terpapar Covid-19. Namun demikian, kondisi pasien telah membaik dan stabil.

“Menindaklanjuti hal tersebut, tim telah mengambil tindakan untuk tes keluarga pasien yang telah kontak erat. Enam orang keluarga pasien telah dites dengan rapid test, dan hasilnya negatif,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, keenam keluarga itu tidak mengalami gejala klinis yang mengarah terinfeksi Virus Korona. Namun, mereka ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) dan tetap menjalani isolasi mandiri di rumahnya. Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dan standar protokol kesehatan. Isolasi mandiri diawasi oleh tim gugus desa dan puskesmas setempat.

“Kami meminta masyarakat tetap tenang. Jaga jarak fisik aman 1-2 meter. Jika memang harus bepergian untuk menggunakan masker dan cuci tangan setiap empat jam sekali,” himbaunya.

Ditambahkan, masyarakat juga dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan, olahraga, dan mengkonsumsi makanan bergizi yang seimbang. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA