Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Tegal dan Forkopimda Ziarah ke Makam Para Leluhur

30

BALAPULANG,smpantura.com – Menjelang puncak acara Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal tanggal 18 Mei 2021 mendatang, serangkaian prosesi peringatan digelar Pemkab Tegal. Salah satunya adalah ziarah ke makam para leluhur, tokoh sejarah pendiri tlatah Tegal, Kamis (8/4). Acara yang diikuti Bupati Tegal bersama anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tegal ini berangkat dari Makam Ki Gede Sebayu, Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang.

Meski berjalan sederhana dan menerapkan protokol kesehatan ketat, Umi menuturkan jika hal tersebut tidak mengurangi khidmat acara. Menurutnya, ziarah ini adalah bentuk penghormatan pada para leluhur atas jasa, amal baik dan keilmuan yang telah diwarisankannya. “Walaupun pesertanya dibatasi, namun doa bersama tetap kita langsungkan untuk keselamatan beliau-beliau di alam barzah,” ujar Umi.

Umi berharap, peringatan Hari Jadi ke-420 Kabupaten Tegal ini dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan optimisme kebangkitan, khususnya perekonomian rakyat yang terpukul akibat pandemi.

“Sudah satu tahun ini pandemi Covid-19 membayangi kehidupan sosial ekonomi kita. Pembatasan aktifitas menyebabkan perekonomian kita lesu. Maka, inilah saatnya kita beranjak bangkit, keluar dari keterpurukan dengan menjalani kehidupan yang produktif namun tetap aman dari penularan Covid-19. Dan ini sejalan dengan tema hari jadi kita tahun ini, Kabupaten Tegal Bangkit,” katanya.

Tak lupa, Umi juga mengajak masyarakat Kabupaten Tegal tetap menjaga kedisiplinannya menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, disamping mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

Usai dari Makam Ki Gede Sebayu, ziarah dilanjutkan ke Makam Ki Ageng Anggawana dan Pangeran Purbaya di Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru dan berakhir di Makam Amangkurat Agung, Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna. Adapun tampak anggota Forkopimda Kabupaten Tegal yang ikut dalam rombongan ziarah ini antara lain Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal, perwakilan Kodim 0712/Tegal, Polres Tegal, dan Lanal Tegal.

Di tempat yang sama, Ketua Kejaksaan Negeri Kabupaten Tegal Budi Bimo Hartono berharap, di usianya yang ke-420, Kabupaten Tegal terus berkembang semakin maju dan sukses. “Semoga, kehidupan harmonis yang dicontohkan para leluhur di masanya tersebut dapat menjadi panutan kita dan warga masyarakat Kabupaten Tegal. Dan semoga pula, dengan datangnya bulan suci Ramadhan yang dalam hitungan hari, kita akan mendapat berkahnya,” kata Budi.

(T04-Red)

BERITA LAINNYA