Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Tegal Apresiasi Program Pramuka Peduli

87

SLAWI, smpantura.com – Bupati Tegal Umi Azizah mengapresiasi program Pramuka Peduli sebagai wujud nyata pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Menurutnya, kehadiran gerakan pramuka di lingkungan pendidikan menjadi ruang positif dalam menumbuhkan karakter generasi muda yang peduli dan rela berkorban demi meringankan beban penderitaan masyarakat yang tertimpa musibah, termasuk kepeduliannya pada kondisi lingkungan hidup.

Pernyataan tersebut disampaikan Umi melalui sambutannya yang dibacakan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono saat membuka acara Musyawarah Cabang XI (Muscab) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Tegal Tahun 2021 secara virtual dari Sanggar Pramuka Kabupaten Tegal, Jumat (26/3) pagi.

Joko menyampaikan, indikator pembangunan sumber daya kepemudaan di Kabupaten Tegal sudah sangat jelas tertera pada program unggulan kedelapan dan kesembilan pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal 2019-2024, yakni berkaitan dengan penguatan pendidikan karakter, mental dan spiritual serta pemberdayaan pemuda.

“Orientasi pembangunan sumber daya kepemudaan Kabupaten Tegal bermuara pada terwujudnya masyarakat yang sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya dan berakhlak mulia sebagaimana visi Bupati Tegal,” tutur Joko.

Sebagai bagian dari gerakan pramuka, Joko mengatakan jika dirinya selalu siap mendukung inisiatif organisasi pendidikan ini dalam membina generasi muda, termasuk mengawal pelaksanaan program Pramuka Peduli. Ia memandang jika program tersebut merupakan janji yang harus ditunaikan setiap anggota pramuka saat bangsa dan negara sedang dilanda musibah seperti pandemi Covid-19.

“Keterlibatan anggota pramuka pada program Pramuka Peduli adalah bukti eksistensi gerakan pramuka sangat penting sebagai wujud bela bangsa dan negara kita tercinta,” katanya.

Adapun acara Muscab Kwarcab dilaksanakan dua hari, pada tanggal 26 dan 27 Maret 2021 di Sanggar Pramuka Kabupaten Tegal. Hasil akhir Muscab akan diumumkan pada hari kedua setelah tercapai aklamasi. Pada pencalonan ketua Kwarcab ini, masing-masing kwartir ranting hanya mengusulkan satu nama calon tunggal.

Sementara itu, Sekretaris Bina Muda Kwarcab Tegal Suharjo berharap, Muscab Kwarcab ini dapat berjalan lancar serta menghasilkan kepengurusan baru yang lebih solid dan tidak kalah dengan capaian prestasi yang diraih pengurus Kwarcab periode sebelumnya.

(T04-red)

BERITA LAINNYA