Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Brebes Targetkan IPM di 2022 Capai 66,51

50

Brebes, smpantura.com – Bupati Brebes, Idza Priyanti menargetkan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Brebes pada 2022 mencapai 66,46 sampai 66,51. Namun untuk mencapai itu, harus dilakukan upaya peningkatan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang profesional, efektif dan efisien.  

Hal ini ditegaskan Idza Priyanti saat membuka Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kab Brebes di Aula Baperlitbangda Kabupaten Brebes, Rabu (24/3). “Kita targetkan IMP Brebes di tahun 2022 mencapai 66,46 sampai 66,51. Untuk itu berbagai upaya peningkatan harus dilakukan, seperti meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang profesional, efektif dan efisien,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, harus berupaya menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban daerah. “Termasuk, memantapkan tata kelola pemerintahan desa dan pemberdayaan masyarakat desa, menjadi desa yang maju dan mandiri,” ujarnya.

Dia mengatakan, RKPD tahun kelima masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Narjo, akan fokus pada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan ekonomi kerakyatan. Keterlibatan seluruh unsur masyarakat dalam RKPD kali ini akan lebih menguatkan sendi-sendi pembangunan. Sehingga pembangunan daerah di semua sektor menuju Brebes Unggul, Sejahtera Dan Berkeadilan, semakin mantap. “Ini merupakan penjabaran tahun terakhir dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Brebes Tahun 2017-2022,” paparnya.

Sementara itu Sekda Brebes Djoko Gunawan menambahkan, diadakannya Musrenbang sebagai upaya penjaringan aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan Kabupaten Brebes. “Dari sini, kita akan merumuskan masukan dan saran terhadap rancangan awal RKPD Kabupaten Brebes Tahun 2022,” katanya.

Hasil Musrenbang, lanjut dia, nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan Renja Perangkat Daerah dan serapan aspirasi pokok-pokok pikiran Anggota DPRD Kabupaten Brebes dengan memperhatikan sasaran prioritas pembangunan daerah. Penyelenggaraan Musrenbang juga untuk mensinkronkan agenda dan program prioritas Kabupaten Brebes dengan Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat. Mendapatkan masukan dalam penyusunan rancangan RKPD Kabupaten Brebes yang merinci kegiatan prioritas pembangunan berdasarkan Fungsi OPD Kabupaten Brebes.

“Partisipasi publik bagi segenap unsur pemangku kepentingan wilayah atau kecamatan, sangat diperlukan,” pungkasnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA