Take a fresh look at your lifestyle.

Bupati Brebes Raih Penghargaan di Top BUMD Awards 2020

- Dua Kategori Lain Juga Diraih Brebes

139

BREBES – Bupati Brebes, Idza Priyanti berhasil meraih penghargaan nasional, dalam ajang Top BUMD Awards tahun 2020. Penghargaan diberikan kepada Idza, karena dipandang telah melakukan pembinaan secara signifikan dan komitmen kuat untuk kemajuan BUMD di Kabupaten Brebes.

Selain itu, dua kategori lain dalam ajang tersebut juga diraih Kabupaten Brebes. Yakni, kategori Top Ceo BUMD Awards 2020 yang diraih Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Baribis, Agus Isyono. Kemudian, kategori institusi BUMD terbaik yang diraih Perumda Air Minum Tirta Baribis. Penghargaan diserahkan Ketua Dewan Juri Prof Dr Djohermansyah Djohan MA kepada Bupati Brebes Idza Priyanti di Golden Ballroom The Sultan Hotel Jakarta, Kamis sore (27/8). Bupati menerima penghargaan Top BUMD Awards 2020 dalam kategori pembina terbaik.

“Atas kerja keras seluruh jajaran BUMD dan warga masyarakat Brebes, akhirnya Kabupaten Brebes berhasil meraih penghargaan nasional di Top BUMD Awards 2020 ini,” ujar Bupati Brebes Idza Priyanti, usai menerima penghargaan.

Selaku kepala daerah, kata Bupati, pihaknya telah mengucurkan penyertaan modal kepada BUMD-BUMD di Kabupaten Brebes. Selain itu juga mengeluarkan kebijakan lainnya demi peningkatan ekonomi daerah. Kucuran penyertaan modal itu tidak hanya berupa uang tunai, tetapi juga nilai bangunan dan investasi lainnya. Untuk memajukan Perumda Air Minum Tirta Baribis misalnya, penyertaan modal dari Pemkab hingga tahun 2020 telah mencapai Rp 52 miliar. Selain Permuda Air Minum Tirta Baribis, Pemkab Brebes juga mempunya BUMD lain di antaranya, Perumda Bank Brebes, Perusda Percetakan dan Perusda Farmasi.

“Dengan penghargaan ini, di samping telah membuktikan kepercayaan publik di tingkat nasional, kami harapkan juga bisa menjadi pendorong untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Semangat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, harus kita kedepankan,” tandasnya.

Sementara Dirut Perumda Air Minum Trita Baribis Brebes meraih penghargaan kategori Top Ceo BUMD Awards 2020, karena dinilai telah memanage dengan baik keberadaan Perumda tersebut. Sehingga telah secara nyata berkontribusi terhadap pembangunan daerah dan peningkatan ekonomi serta derajat kesehatan masyarakat. “Penghargaan ini saya dapat semata-mata bukan hanya kinerjanya sendiri, tetapi juga atas kerja keras seluruh jajarannya dan partisipasi aktif masyarakat Brebes,” ujar Dirut Perumda Air Minum Tirta Baribis Brebes, Agus Isnoyo.

Menurut dia, melalui kerja bersama Perumda Tirta Baribis saat ini telah memiliki pelanggan 40.000 Sambungan Rumah (SR). Artinya, baru mencapai 12 persen dari jumlah rumah yang ada di Brebes. Tumbuhnya Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes ( KPIB) menjadi tantangan sendiri untuk pengembangan kedepannya. Sedangkan problem yang masih dihadapi, adalah masih tingginya tingkat kebocoran air. Tahun lalu, tingkat kebocoran mencapai 28,7 persen, tetapi untuk tahun ini sedikit bisa ditekan. “Alhamdulillah, tahun 2020 turun menjadi 28 persen. Kami menargetkan hingga lima tahun kedepan bisa ditekan hingga 25 persen,” terangnya.

Ketua Panitia Penyelenggara M Lutfi Handayani MM MBA mengatakan, penghargaan tahunan itu diberikan kepada BUMD yang berkinerja baik, serta mendapat dukungan riil pemerintah daerah setempat untuk pengembangannya. Ajang penghargaan TOP BUMD Awards 2020 digelar oleh majalah Bisnis ternama di Indonesia bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai. “Kegiatan TOP BUMD Awards ini, kami selenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak 2016 lalu. Tahun ini kita bertemakan Strategi Keberlangsung Bisnis BUMD di era New Normal, yang acaranya dibuka Wakil Presiden RI KH Maruf Amin melalui sambungan daring,” pungkasnya.

(Setiawan/red2)

BERITA LAINNYA