Take a fresh look at your lifestyle.

Bulan Ramadan, Vaksinasi Covid-19 Jangkau 15% Sasaran

87

PEMALANG.SMpantura.com – Selama bulan Ramadan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten tetap berjalan. Animo masyarakat sasaran vaksinasi cukup tinggi mencapai 15% dari sasaran meskipun dalam keadaan puasa.

Kepala Puskesmas Kabuban, Hadi Sucipto mengatakan selama Ramadan ini vaksinasi Covid-19 menyasar masyarakat lansia.”Saat ini vaksinasi yang diberikan adalah untuk dosis kedua sebab untuk dosis pertama vaksin belum tersedia,”kata Hadi Kemarin.

Sementara di Puskesmas Petarukan menurut Kepla Puskesmas, Aris Munandar sasaran vaksinasi yang mencapai 15% itu adalah sebanayak 800 orang.

“Sasaran kita untuk vaksinasi lansia adalah 6.000, saat ini meskipun bulan Ramadan sudah memberikan vaksinasi kepada lansia sebanyak 800 orang,”ujarnya.

Capaian tersebut lanjut dia terbilang bagus lantaran kiriman vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah lancar.”Ada tambahan 400 dosis vaksin kemarin sehingga bisa memberi vaksin lebih banyak,”terangnya.

Sementara itu jumlah lansia di Kabupaten Pemalang yang sudah menerima vksin mencapai sebanyak delapan ribu sampai dengan 15 April kemarin. Jangkauan vaksinasi ini dipengaruhi oleh jumlah kiriman vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Animo masyarakat lansia yang bersedia divaksin ini lantaran keyakinan bahwa vaksinasi meskipun dalam keadaan puasa dipervolehkan dan aman.

Hal tersebut sesuai edaran dari Majjelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pemalang beberapa waktu lalu.Dalam surat edaran MUI nomor 28.01/2021 Ketua MUI Syaefullah Ahmad mengatakan bahwa fatwa MUI nomor 13/2021 tentang Hukum Vaksinas Covid-19 saat Berpuasa yang dilakukan dengan suntik tidak membatalkan puasa dan boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya.(P11-red)

BERITA LAINNYA