Take a fresh look at your lifestyle.

Bulan Bahasa, MAN 2 Brebes Luncurkan Tujuh Buku Antologi Puisi

189

BUMIAYU– Dalam rangka peringatan bulan bahasa, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Brebes, meluncurkan tujuh buku antologi puisi, Rabu (30/10).

Buku berisi kumpulan puisi karya siswa dan guru tersebut masing masing berjudul “Bianglala Hati”, “Putih Abu-Abu”, “Warna Warni Hati”, “Tetesan Embun”, “Melodi Kehidupan”, “Senandung Pena” dan “Lentera Hati”.

Peluncuran karya sastra itu ditandai dengan penyerahan buku dari penerbit ke guru senior Bahasa Indonesia Jamali. Pementasan sendratari Sumpah Pemuda, Tarian Nusantara hingga parade pembacaan puisi memeriahkan acara itu.

Wakil Kepala MAN 2 Brebes Bidang Kesiswaan Eti Sophia Wijayanti mengatakan, penerbitan antologi puisi melibatkan seluruh siswa dan guru sebagai penulis. Tema puisi dalam buku tersebut beragam. Mulai dari tentang Indonesia, kecintaan kepada Allah Swt, orang tua, alam hingga dunia remaja.”Persiapan penyusunan buku ini sejak awal tahun 2019,” katanya.

Menurutnya, penerbitan buku antologi puisi tersebut untuk mewadahi bakat siswa di bidang karya tulis sekaligus menumbuhkan budaya membaca dan menulis di kalangan siswa dan guru.”Ini juga menjadi bagian dari program kelas literasi di sekolah kami,” ujarnya.

Kepala Perpustakaan MAN 2 Brebes Jamali mengatakan peluncuran buku antologi puisi membuat peringatan bulan bahasa menjadi lebih spesial.”Selama ini biasanya hanya perayaan biasa saja. Tapi bulan bahasa kali ini ada produk sastra berupa 7 buku antologi puisi yang bisa kita kenang bersama,” ujarnya. Guru senior yang mengampu pelajaran Bahasa Indonesia itu juga meminta kepada siswa untuk terus berkarya.”Menulislah jika kalian ingin dikenal dan dikenang selamanya,” ujarnya menyemangati siswa.

Sementara itu puisi berjudul “Merintihnya Budaya” karya Gesang Arul Fadilah, “Kelabu di Indonesia” karya Khansa Ghadia dan “Malas Tuk Merindu” karya Chikal Kholifiyanti terpilih menjadi tiga puisi terbaik.”Kami sangat senang karena sekolah menghargai puisi-puisi karya siswa,” kata Gesang.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA