Take a fresh look at your lifestyle.

Bukit Situ, Sensasi Negeri di Atas Awan Kaki Gunung Slamet

83

BREBES, smpantura.com – Bagi penikmat wisata alam, mungkin Bukit Situ ini perlu dicoba untuk dikunjungi. Destinasi wisata di kaki gunung slamet ini, terbilang masih anyar, dan dalam tahap pengembangan. Lokasinya berada di Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog, Brebes.

Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati sensasi negeri di atas awan, dengan panorama yang menawan dan sejuknya udara pegunungan. Kehadiran kabut, membuat seolah pengunjung berdiri di atas awan, dengan pemandangan pemukiman penduduk dan perkotaan nan jauh di sana. Tak hanya itu, dari tempat ini, pengungung juga bisa menikmati pemandangan gunung slamet, yang menjulang gagah.

Pengunjung di Bukit Situ, juga bisa bercamping karena memang disediakan area camping ground. Meski sejumlah fasilitas masih terbatas, karena dalam pengembangan pengelola, namun pesona alam yang ditawarkan luar biasa.

Dari kota Bumiayu, Bukti Situ berjarak sekitar 15 kilometer ke arah timur, menuju sumber mata air PDAB Jateng, di tuk kaligiri Kecamatan sirampog. Dari sumber mata air ini, berjarak sekitar 1 kilometer. Bagi pengunjung yang mengendarai mobil, harus ektra hati-hati saat menuju ke destinasi wisata ini. Meski kondisi jalannya cukup baik, tetapi medannya ekstrim, dengan tanjakan terjal.

Wakil Bupati Brebes Narjo mengaku, terkesan saat mengunjungi objek wisata Bukit Situ ini. Pesona alam yang ditawarkan sangat indah, dan tidak kalah dengan daerah lain di Jawa Tengah maupun Indonesia. “Seolah kita berada di atas awan, saat di Bukit Situ ini,” ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkab Brebes sangat mendukung jika keindahan alam tersebut dikelola untuk dimanfaatkan sebagai destinasi wisata yang muaranya untuk kesejahteraan masyarakat.
Pihaknya berharap kepada Asosiasi Pengusaha Pribumi Indonesia (Asprindo) yang telah diberi kepercayaan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melakukan pengembangan desa wisata di Indonesia. “Tak terkecuali, membantu pengembangan destinasi wisata Bukit Situ Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog ini,” tandasnya.

Ketua Asprindo DPW Jawa Tengah, Bambang Sunardi mengatakan, pihaknya telah menerima proposal Pengembangan Wisata di Kabupaten Brebes, dan juga sudah berkordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk tindak lanjutnya. Namun ada beberapa berkas yang memang harus dilengkapi oleh Pemkab Brebes, salah satunya surat rekomendasi dari Bupati Brebes. “Jika sudah ada surat rekomendasi dari Bupati dan mendapat dukungan dari dinas terkait, Insya Allah semuanya bisa terwujud,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kaligiri, Rosidin menurutkan, sangat berharap dukungan dari semua pihak, baik dari Pemkab Brebes maupun Asprindo dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, agar destinasi wisata Bukit Situ yang sudah dirintis sejak tahun 2020 tersebut, bisa berkembang dan menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat lokal maupun luar daerah. “Sejak dirintis tahun 2020, kami belum mampu melakukan penataan dan pembangunan lebih lanjut, akibat terkendala pandemi Covid-19. Rencananya di tempat ini akan di bangun berbagai fasilitas, seperti arena permainan anak, kolam renang hingga pemandian air panas. “Bukit Situ ini sementara hanya dimanfaatkan sebagai tempat Camping atau berkemah dan olahraga,” pungkasnya.

(T07-red)

BERITA LAINNYA