Take a fresh look at your lifestyle.

Brebes Usulkan Ujicoba PTM Diperluas

- Hasil Evaluasi Berjalan Baik

108

BREBES, smpantura.com – Pemkab Brebes akan segera mengajukan usulan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, agar pelaksanaan ujicoba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) siswa di wilayahnya diperluas. Usulan itu dilakukan menyusul hasil evaluasi pelaksanaan ujicoba PTM di Kabupaten Brebes berjalan baik.

“Dari evaluasi pelaksanaan PTM selama dua minggu lalu, hasilnya baik. Untuk itu, kami segera mengusulkan ke Gubernur agar ujicoba PTM di Brebes ini untuk diperluas,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan, Kamis (22/4).

Dia mengungkapkan, dari hasil evaluasi selain tidak ditemukan penyebaran Covid-19 di sekolah yang ditunjuk melaksanakan PTM, para guru dan siswa terpantau juga mematuhi protokol kesehatan. Sistem yang diterapkan dalam pelaksanaan PTM juga berjalan efektif. Tak hanya itu, para guru dan siswa yang melaksanakan ujicoba PTM juga telah di rapid antigen, dan hasilnya negatif.

“Ini yang mendasari kami mengajukan usulan ujicoba PTM bisa diperluas dengan protap (protokol tetap-red) yang sama seperti ujicoba sebelumnya,” terang dia

Menurut Sekda, dalam ujicoba PTM di Brebes, ada lima sekolah yang ditunjuk. Yakni, SMPN 1 Brebes dan MTsN 2 Brebes untuk ditingkatan SMP/ MTs. Kemudian, SMAN 3 Brebes, MAN 1 Brebes dan SMK N Kersana. Ujicoba itu dilaksanakan selama dua minggu.

“PTM diperluas ini, kami maksudkan jumlah sekolahnya ditambah. Nantinya kami bisa saja kami menerapkan di setiap kecamatan ada satu SMP untuk ujicoba PTM. Namun nantinya kami akan cek lebih dahulu kesiapan sekolah, termasuk kesiapan vaksin,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, ketika Gubernur memberikan izin ujicoba PTM diperluas tersebut, Pemkab Brebes tetap mensyaratkan semua guru yang akan melaksanakan PTM wajib divaksinasi Covid-19. Selain itu, siswa dan guru harus patuh terhadap protokol kesehatan yang diberlakukan, termasuk sistem pembelajaran yang akan dilaksanakan nantinya. Kemudian, setelah ujicoba selesai mereka juga harus melalui rapid antigen.

“Yang jelas, kami minta sekolah untuk patuh terhadap protap kesehatan, patuh terhadap imbauan gubernur. Apalagi, saat ini lima sekolah yang ditunjuk masih melaksanakan ujicoba PTM,” pungkasnya.

(T07-red)

BERITA LAINNYA