Take a fresh look at your lifestyle.

Brebes Setiap Hari Ditimbun Sampah 1.083,78 Ton

145
  • Pemkab Tata Pengelolaan Bank Sampah

BREBES – Kabupaten Brebes setiap harinya ditimbun sebanyak 1.083,78 ton sampah. Timbunah sampah itu berasal dari produksi sampah masyarakatnya yang berjumlah sekitar 1,8 juta jiwa.

Guna mengantisipasi terus meningkatnya produksi sampah itu, Pemkan Brebes kini melakukan penataan terhadap pengelolaan bank sampah. Hal tersebut terungkao dalam Seminar Bank Sampah di Hotel Anggraeni, Kecamatan Ketanggung, Brebes, Sabtu (20/7).

” Di Brebes ini, setidaknya ada timbunan sampah 1.083, 78 ton perhari atau sekitar 395.579,70 ton pertahun. Timbunan sampah ini cukup untuk menutupi lahan seluas 1.582.318,80 meter dengan ketebalan tidak kurang dari 1 meter,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes Edy Kusmartono.

Menurut dia, untuk mengurangi timbunan sampah tersebut, pengelola bank sampah harus bekerja maksimal. Peningkatan kapasitas pengelolaan bank sampah harus dilakukan dengan duduk bersama seluruh elemen masyarakat, salah satunya melalui seminar bank sampah. “Data produksi sampah ini sangat luar biasa dan menjadi sebuah tantangan yang sangat tidak mudah untuk mengatasinya. Ini diperlukan adanya kesadaran dan tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan, permasalahan sampah merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya Pemerintah, melainkan juga semua lapisan Masyarakat yang ada. Salah satu peran masyarakat untuk mewujudkan kepedulian akan sampah bisa dilakukan dengan mendirikan bank sampah. Melalui bank sampah kegiatan pengurangan sampah dari sumbernya dan pengelolaan sampah dengan prinsip Reduce, Reuse, Recycle (3R) dapat dilakukan.

“Saya harapkan disetiap desa ada bank sampah yang dapat menjadi agen pengedukasi sekaligus sebagai Mitra Pemerintah dalam segala kegiatan pengembangan pengelolaan sampah berbasis masyarakat,” katanya.

Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Pengendalian Pencemaran Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah Kabupaten Brebes ,Agus Kholik SE menambahkan, seminar Bank Sampah mengambil tema Biru Langitku, Hijau Bumiku. Diikuti sebanyak 50 peserta, berasal dari perwakilan pengelola bank sampah yang ada di Brebes wilayah tengah dan utara. “Kegiatan ini kami laksanakan dengan tujun salah satunya menumbuhkan kesadaran terkait penanganan sampah ini,” pungkasnya.

(Setiawan/ red38)

BERITA LAINNYA