Take a fresh look at your lifestyle.

Brebes Raih Penghargaan Perpustakaan Tingkat Nasional

- Sabet Tiga Kategori Sekaligus

117

BREBES – Pemkab Brebes berhasil meraih penghargaan di bidang perpustakaan untuk tahun 2020, dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.Tak tanggung-tanggung, tiga kategori terbaik sekaligus yang berhasil di bawa pulang ke Kota Bawang. 

Penghargaan diterima Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Brebes melalui Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan, Kursin, dalam acara Peer Learning Meeting Nasional Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2020, di Surabaya, Kamis (3/12). 

Penghargaan bidang perpustakaan itu diraih tidak lain lantaran upaya Pemkab Brebes dalam mendorong desa mendirikan perpustakaan desa. Kepala Dinarpus Brebes, Rofiq Qoidul Adzam mengaku, bangga atas capaian prestasi dalam implementasi program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Penghargaan itu dapat menjadi pemacu dan semangat bagi pengembangan literasi di Kabupaten Brebes.

“Dukungan dan kerjasama dengan seluruh pihak juga menjadi salah satu unsur penting hingga mendapat penghargaan ini,” katanya.

Dia menjelaskan, tiga kategori yang diraih Brebes tersebut di antaranya, kategori Perpustakaan Desa Terbaik dalam implementasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Kategori ini diraih Perpustakaan Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog, Brebes. Kemudian, kategori Cerita Dampak Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang diraih Perpustakaan Desa Jatibarang Lor, Kecamatan Jatibarang. “Terakhir, kategori Video Dampak Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang diraih Perpustakaan Desa Bentar, Kecamatan Salem,” bebernya.

Sementara Penanggungjawab Prologram Transformasi Perpustakaan Inklusi Sosial Kabupaten Brebes, Kursin mengatakan, Brebes menjadi penerima program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dari perpustakaan nasional sejak tahun 2018. Brebes dinilai berhasil dalam implementasi program dan mendapat penghargaan dari perpustakaan nasional. “Tahun 2019 lalu penghargaan diterima oleh perpustakaan Desa Dawuhan dan tahun 2020 oleh Perpustakaan Desa Kaligiri,” terangnya. (*)

BERITA LAINNYA