Take a fresh look at your lifestyle.

Brebes Kini Turun ke PPKM Level 3

- Menuju Level 2, Vaksinasi Terus Digenjot

46

BREBES, smpantura.com – Kabupaten Brebes setelah sepekan berada di level 4, kini statusnya turun ke level 3 bagi penerapan PPKM Covid-19. Bahkan, status Kota Bawang ini sekarang mendekati level 2. Hal ini ditegaskan Bupati Brebes, Idza Priyanti, usai Rapat Koordinasi (rakor) evaluasi penanganan Covid-19 bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melalui zoom metting, di Pendopo Kabupaten Brebes, Selasa (21/9).

“Alhamdulillah, berdasarkan Inmendagri terbaru yang diterbitkan per tanggal 21 September ini, status PPKM Brebes kini di level 3. Kalau mengacu asesmen dari Kemenkes, kita sebenarnya sudah di level 2. Namun pemerintah pusat menyatakan di level 3, karena terkendala dengan capaian vaksinasi. Karena itu, vaksinasi ini yang akan terus kami dorong, agar Brebes bisa masuk level 2,” ungkapnya, di dampingi Wakil Bupati Brebes, Narjo.

Dia mengatakan, Brebes dinyatakan di level 3, karena beberapa indikator penanganan Covid-19 yang terus membaik. Berdasarkan data pusat terhitung mulai 13-19 September, untuk kasus terkonfirmasi positif hanya 52 orang. Bahkan, khusus di tanggal 19 September nihil kasus. Kemudian untuk angka keterisian tempat tidur di rumah sakit atau Bed Occupation Rate (BOR) hanya 20 orang dan angka kematian hanya 10 orang. “Wilayah kita ini (Brebes-red) sebenarnya sudah zona kuning. Kalau tidak ada penilaian cakupan vaksinasi, kita sebenarnya sudah di level 2. Namun penilaian vaksinasi ini memang harus ada, untuk mendorong imun masyarakat,” ungkapnya.

Untuk mencapai level 2, lanjut Bupati, capaian vaksinasinya harus mencapai 50 persen, dari jumlah penduduk yang tervaksin. Sementara untuk di Brebes, capaian vaksinasinya baru 20 persen. Sedangkan untuk capaian vaksin orang lanjut usia (lansia) harus 40 persen, dan Brebes baru 30 persen. “Capaian vaksinasi ini belum terpenuhi karena kita terkendala stok vaksin yang terbatas. Karena itu, kami tengah berupaya meminta tambahan stok vaksin dari pusat. Termasuk, kita juga meminta bantuan ke Anggota DPR RI Dapil Brebes untuk menambah stok vaksin ini,” pungkasnya.

(T07-red) 

BERITA LAINNYA