Take a fresh look at your lifestyle.

BPTP dan Pemkab Teken Kerjasama Pengembangan Ternak Ayam KUB di Ponpes

140

BREBES – Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP)Provinsi Jawa Tengah bersama Pemkab Brebes melakukan teken kerjasama pengembangan ternak ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB), Rabu (4/9) di ruang rapat Setda Pemkab Brebes. Pengembangan ternak ayam KUB itu dengan sasaran masuk ke Pondok Pesantren (Ponpes), melalui pemberdayaan kelompok santri.

Penandatangan kerjasama itu dilakukan Kepala BPTP Provinsi Jawa Tengah Harwanto mewakili instansinya dan Wakil Bupati Brebes Narjo mewakili Pemkab Brebes. Dalam acara itu, diluncurkan juga Program Sistem Informasi Masyarakat Ternak (Simaster) oleh BPTP Provinsi Jawa Tengah.

“Kami melalui kegiatan dan kerjasama ini berupaya menggiatkan para santri beternak selain tekun mengaji,” ujar Kepala BPTP Provinsi Jawa Tengah Harwanto disela-sela kegiatan.

Dalam kerjasama tersebut, jelas dia, pihak BPTP antara lain memberikan bantuan bibit ayam KUB kepada sejumlah Ponpes dan Kelompok Petani Ternak Perempuan. Ayam KUB dipandang sebagai ayam kampung yang unggul karena sudah dilakukan pengkajian dan penelitian mendalam di BPTP. “Adanya program ini, kami berharap dapat juga memberdayakan serta meningkatkan kapasitas masyarakat dalam melaksanakan usaha pertanian, guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang terintegrasi,” kayanya.

Menurut dia, Kabupaten Brebes telah ditunjuk sebagai salah satu lokasi program pengembangan pembibitan ayam kampung unggul berbasis kawasan dan Kelompok Santri Tani Milineal (KSTM) dari Kementerian Pertanian (Kementan). Bahakan, Kementan telah memberikan bantuan kepada 13 kelompok di 4 kecamatan. Yakni, Kecamatan Banjarharjo, Bantarkawung, Larangan dan Bumiayu. Adapun jenis bantuan yang akan diberikan berupa 500 ekor ayam umur 4 minggu, bantuan kandang serta pakan dan obat-obatan. “Ayam KUB ini merupakan ayam kampung hasil seleksi yang dilakukan BPTP,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mrngatakan, kelompok Santri Tani yang menjadi sasaran program antara lain Ponpes Al Furqon Bantarkawung , dengan dibantu 350 ekor dan Ponpes Jamsu Izzul Islami Bumiayu sebanyak 150 ekor. “Selain bantuan ternak ayam, kami berikan juga pakan selama dua bulan dan bantuan obat- obatan serta vitamin,” sambungnya.

Wakil Bupati Brebes Narjo mengatakan, Pemkab Brebes sangat mengapresiasi terhadap upaya BPTP Jateng yang menaruh perhatian, khususnya kepada para petani peternak santri dan juga para kelompok tani ternak wanita. “Semoga dengan adanya program ini, dapat menambah semangat kita untuk terus melakukan pengembangan potensi peternakan yang ada di Kabupaten Brebes,” pungkasnya.

(Setiawan/ red2)

BERITA LAINNYA