Take a fresh look at your lifestyle.

BPS Perpanjang Sensus Penduduk Online

108

TEGAL – Sensus Penduduk (SP) online tahun 2020 yang dilaksaakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2020 diperpanjang hingga 29 Mei 2020 mendatang. Perpanjangan tersebut dilakukan salah satu pertimbangannya yaitu adanya wabah virus Covid 19 yang melanda Indonesia.

“Berdasarkan informasi yang saya terima, bahwa pelaksanaan SP online 2020 diperpanjang hingga 29 Mei mendatang. Dengan adanya penguman tersebut otomatis tahapan selanjutnya yaitu rekruitmen petugas sensus wawancara juga diundur,” ujar Kepala BPS Kota Tegal, Agustinus Hariyanto, kemarin.

Dia mengatakan, sejalan dengan pernyataan resmi pemerintah untuk melakukan pembatasan kegiatan di luar rumah dan tatap muka. BPS melakukan penyesuaian pelaksanaan Sensus Penduduk Online sebagai antisipasi penyebaran Covid-19. Berdasarkan informasi dari BPS pusat bahwa partisipasi masyarakat dalam SP online 2020 hingga saat ini tercatat 32,4 juta penduduk Indonesia yang telah berpartisipasi dalam periode awal. Pihaknya meminta peran serta masyarakat dengan memberi dukungan positif untuk pemerintah dengan mengisi SP online 2020. Data yang disampaikan sangat diperlukan untuk pembangunan Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang. Harapannya dengan adanya perpanjangan SP online masyarakat bisa berperan aktif untuk mengisi data yang diperlukan. Dengan diperpanjang, SP online rekruitmen petugas sensus wawancara otomatis diundur, saat ini masih rawan apabila mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat. Apabila berdasarkan tahapan, rekruitmen petugas sesus wawancara pasca SP online, dan mereka seharusnya mulai bertugas mencacah pada bulan Juli. Namun adanya kebijakan tersebut, diperkirakan rekruitmen petugas sensus wawancara dilakukan sekitar bulan Agustus, dan mereka bertugas mulai 1 sampai 30 September 2020 mendatang.

“Terkait dengan capaian BPS Kota Tegal, hingga hari Selasa (31/4) tercatat sudah sekitar 25.608 KK yang sudah mengupdate data diri atau sekitar 30,41 persen dari target yang ditentukan. Target dari BPS Kota Tegal yaitu sekitar 84.211 KK yang bisa mengupdate data diri melalui SP online 2020, untuk itu dengan adanya perpanjangan diharapkan target tersebut bisa terpenuhi,” imbuhnya.

Ia mengatakan, dengan adanya himbauan kerja di rumah berdampak positif terhadap SP online meskipun jumlahnya tidak signifikan. Progress online harian selalu dishare ke pemkot, lewat Kepala Dinas Kependudukan catatan sipil (Dukcapil) untuk selanjutnya pemkot mengevaluasi capaian sampai tingkat kecamatan hingga kelurahan. Peran aparat menggerakkan warganya menjadi kunci keberhasilan, dan peran aparat pemda sampai RT/RW cukup tinggi. Pihaknya menghimbau, terkait work form home agar dimanfaatkan juga untuk mengisi sensus penduduk online. Masyarakat yang belum mengupdate data, bisa mengakses di website sensus.bps.go.id. Namun sebelumnya harus menyiapkan KK, KTP dan no surat nikah. Bahkan Walikota Tegal telah mengeluarkan surat himbauan pada lurah hingga RT dan RW untuk melakukan SP online secara mandiri. Pihaknya meminta dan menghimbau pada Aparatur Negeri Sipil (ASN) serta semua elemen masyarakat untuk mensukseskan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan satu data, dimana data tersebut sebagai salah satu dasar untuk mengambil kebijakan pemerintah. (H77/Red_03)

BERITA LAINNYA