Take a fresh look at your lifestyle.

BPN Sosialisasikan Program Strategis, 14 Juta Bidang Tanah di Jateng Sudah Bersertifikat

61

BREBES, smpantura.com – Sekitar 14 juta bidang tanah di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) hingga saat ini sudah bersertifikat. Sehingga, dari total 21 juta bidang tanah di Jateng, kini tinggal tersisa sekitar 7 juta bidang tanah yang belum memiliki sertifikat.

“Di Jateng totalnya ada sebanyak 21 juta bidang tanah. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 14 juta bidang tanah yang sudah bersertifikat, dan sisanya ada sekitar 7 juta bidang tanah yang belum memiliki sertifikat,” ungkap Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jateng, Embun Sari, usai kegiatan Sosialisasi Program Strategis Kementerian ATR/BPN di Grand Dian Hotel Brebes, Kamis (17/6).

Dia mengatakan, Program Strategis Kementerian ATR/BPN, berupa Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) saat ini terus disosialisasikan ke masyarakat. Harapannya, dari target 21 juta bidang tanah di Jateng itu, bisa segera terlealisasikan. “Tahun ini, kita dapat program PTSL sebanyak 2 juta bidang tanah. Sehingga dari sisa 7 juta bidang tanah akan tersisa 5 juta lagi. Kalau tiap tahun dapat program PTSL 2 juta, maka dalam beberapa tahun ke depan, target 21 juta bidang tanah bisa bersertifikat semua,” jelasnya didampingi Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes, Juarin Jaka Sulistyo.

Menurut dia, target tahun ini sebanyak 2 juta bidang tanah di Jateng, merupakan tertinggi di Indonesia. Dari total target tersebut didistribusikan untuk 35 kabupaten/kota yang ada. “Jadi target kita adalah Desa Lengkap. Artinya, jika sebuah desa ditetapkan PTSL berarti harus semua bidang tersertifikatkan tanpa terkdcuali. Jadi tidak milih-milih,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, bidang tanah milik siapapun wajid disertifikatkan. Karena itu, pihaknya optimistis target 2 juta bidang tanah bisa terealisasikan. Apalagi, saat ini sudah tercapai 50 persen lebih. “Untuk biaya ditanggung APBN, jadi bikin sertifikatnya gratis. Meskipun nanti ada biaya di desa, tapi itu sudah ada peraturannya baik Pergub atau Perda,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Brebes, Juarin Jaka Sulistyo mengatakan, total bidang tanah di Kabupaten Brebes sendiri ada 931.653 bidang. Di mana, 42,01% atau sebanyak 391.302 bidang sudah terdaftar. Sedangkan untuk tanah yang belum terbit sertifikatnya mencapai 540.351 bidang atau sebanyak 57,99%.

“Sesuai target kami, di tahun 2025 selesai 100%. Artinya, setiap tahun kita harus menyelesaikan 135.088 bidang. Hal inilah perlu adanya manajemen, anggaran, SDM serta dukungan dari seluruh pemangku kepentingan terkait kegiatan PTSL,” katanya.

(T07-red)

BERITA LAINNYA