Take a fresh look at your lifestyle.

BPJAMSOSTEK Bersama Anggota DPR RI komisi IX Sosialisasikan Program BPJS Ketenagakerjaan ke Pedagang

55

TEGAL,smpantura.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau yang di sapa BPJAMSOSTEK cabang Tegal kembali sosialisasikan manfaat program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) ke tokoh masyarakat Kecamatan Tegal Timur di Warung D’Kambingku Tegal, Senin (19/4).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Tegal, Novri Annur, Kepala Bidang Kepesertaan Wahyu, dan anggota komisi IX DPR RI Dewi Aryani (Dear), serta 400 undangan masyarakat yang berasal dari kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Tegal, Novri Annur mengatakan ada 4 program kemanfaatan BPJS Ketenagakerjaan yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun. “Melalui program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan, pemerintah memberikan kepastian perlindungan untuk menjamin kesejahteraan para pekerja”, tuturnya.

Lanjut Novri, Peningkatan manfaat program JKK dan JKM tersebut diberikan kepada pekerja Indonesia tanpa kenaikan iuran sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 tentang perubahan atas PP Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Desember 2019. “Tentunya manfaat – manfaat yang akan diterima adalah bagi pekerja yang aktif dalam membayar iuran dan terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK,” jelasnya.

Novri Berharap, acara yang digelar dengan anggota dewan DPR RI bisa bermanfaat untuk di kemudian hari. “Paling tidak info ini jangan di pendam sendiri, akan tetapi boleh di sampaikan kepada masyarakat sekitarnya,” tutup Novri.

Sementara itu, anggota komisi IX DPR RI Dewi Aryani mengungkapkan, dengan diberikannya perlindungan jaminan sosial kepada 400 tokoh masyarakat di kota tegal yang diharapkan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat. “400 tokoh masyarakat kami undang dan kami berikan sosialisasi manfaat BPJS Ketenagakerjaan, akan kami bayar dulu 3 bulan iuran BPJAMSOSTEK setelah itu baru masyarakat melanjutkan program itu,” ungkapnya.

Lanjut Dear, selain ke empat program BPJS Ketenagakerjaan, rencananya tahun ini ada program jaminan kehilangan pekerjaan yang sudah di setujui oleh DPR RI. “Belum di launchingkan program baru itu, namun hampir semua fraksi DPR RI menyetujui, tinggal membuat aturan atau keputusan direksi untuk dilaksanakan dibawah, “pungkasnya.

BERITA LAINNYA