Take a fresh look at your lifestyle.

BNN Kota Tegal Perluas Rintisan Kampung Anti Narkoba

190

TEGAL – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal kini terus menggencarkan pengembangan rintisan kampung anti narkoba di wilayah Kota Bahari. Bahkan, setelah ditetapkannya Kampung Anti Narkoba di wilayah Rukun Warga (RW) 1 dan 2 Kelurahan Panggung sejumlah kelurahan lain juga masuk daftar pencanangan.

Menurut Kepala BNN Kota Tegal, Igor Budi Mardiyono, untuk lebih mengoptimalkan rintisan kampung anti narkoba pihaknya sudah mulai melakukan pemetaan. Selain itu, melakukan koordinasi dan tinjauan langsung ke sejumlah kelurahan meliputi Panggung, Mangkukusuman, Mintaragen, Slerok, dan Kejambon. Tujuannya, untuk memperluas penyebaran informasi dan edukasi tentang P4GN kepada semua lapisan masyarakat tentang bahaya narkoba. “Pencanangan dan perluasan kampung rintisan anti narkoba, menjadi embrio menuju masyarakat Kota Tegal Bersih dari Narkoba,” tegasnya.

Dia menjelaskan, melalui kampung rintisan anti narkoba, diharapkan bisa mencegah dan meminimalisir penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat. Sebab, selain pemberantasan upaya pencegahan terus dilakukan dengan partisipasi aktif masyarakat sebagai ujung tombak jaringan informasi guna menyekat laju sindikat pengedar. Di sisi lain, sejumlah kriteria juga dirumuskan dalam menentukan kampung rintisan anti narkoba seperti tingkat kerawanan, partisipasi aktif masyarakat, dan pemberdayaan pemuda. “Target kami, Kampung Anti Narkoba bisa merubah zona yang tadinya merah (rawan peredaran) menjadi zona hijau (aman) agar yang hijau biar tetap hijau,” katanya. (Wawan Hoed/Red2)

BERITA LAINNYA