Take a fresh look at your lifestyle.

BNK Ingatkan Pelajar Jauhi Narkoba

162

BUMIAYU- Kalangan pelajar di Kabupaten Brebes diingatkan menjauhi narkoba. Sebab, sekali mencoba akan sulit berhenti dan terus kecanduan.

Kasi Pencegahan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Brebes Lukman Suyanto menyampaikan hal itu saat mensosialisasikan bahaya narkoba di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Brebes, Rabu (17/6).

Menurut Lukman, peringatan tersebut penting disampaikan karena remaja khususnya pelajar dengan menjadi sasaran peredaran narkoba. Apalagi, pemakaian narkoba seringkali diawali dari coba-coba.”Narkoba itu merusak. Jangan pernah berkeinginan mencoba narkoba karena dampaknya sangat buruk,” katanya.

Dalam sosialisasi yang diikuti 360 siswa baru tersebut, Lukman kemudian menjelaskan beragam bahaya narkoba. Menurut dia, bila barang terlarang itu disalahgunakan bisa menyebabkan ketergantungan.”Ketergantungan inilah yang akan mengakibatkan gangguan fisik dan psikologis karena terjadinya kerusakan pada sistem syaraf pusat dan organ-organ tubuh seperti jantung, paru-paru, hati dan ginjal,” katanya.

Pergaulan Negatif
Lalu bagaimana menghindari narkoba? Lukman meminta pelajar menjauhi lingkungan pergaulan yang membawa pengaruh negatif seperti merokok, tawuran, pergaulan bebas.”Pergaulan negatif merupakan pintu masuk narkoba,” tandasnya.

Wakil Kepala MAN 2 Brebes Bidang Kesiswaan Eti Sophia Wijayanti mengatakan sosialiasi bahaya narkoba merupakan bagian dari kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) Tahun Pelajaran 2019/2020.”Sosialisasi dengan menggandeng BNK ini bentuk komitmen kami dalam pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” ujarnya.

Selain bahaya narkoba, juga ada sosialisasi Wawasan Wiyata Mandala, Empat Pilar Kebangsaan, Kesehatan Remaja dan Motivasi Pelajar. Dalam Matsama siswa juga dikenalkan lingkungan sekolah dan atraksi sejumlah kegiatan ekstrakurikuler sekolah.”Matsama digelar dengan konsep aktif, kreatif, inovatif, dan bahagia,” kata Eti.

(teguh tribowo / red38)

BERITA LAINNYA