Take a fresh look at your lifestyle.

Pasar Murah Digelar tanpa Kerumunan

PEMALANG – Pasar murah untuk memenuhi kebutuhan pokok menghadapi Lebaran 2020 ini tetap digelar meskipun Pemalang masih dilanda wabah Covid-19. Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UMKM Perindag) Hepi Priyanto mengatakan jajarannya menggelar pasar murah di empat desa di Kabupaten Pemalang, baru-baru imi.

Kabid Perdagangan, Eliyah Puspa Purwanti menjelaskan penyelenggaraan pasar murah tahun ini berbeda sekali dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya.”Pasar murah digelar tanpa menimbulkan kerumunan massa lantaran mewabahnya Covid-19,”kata Eli.

Pasar murah yang digelar dilakukan dengan cara Dinkop UMKM Perindag mengirim paket sembako ke balai desa. Selanjutnya pemerintah desa yang mengelola untuk menjual paket sembako tersebut kepada warga yang lebih berhak.

“Paket sembako pasar murah ini nilainya Rp 49 ribu dan dijual ke masyarakat Rp 15 ribu, tapi siapa yang berhak membeli diatur oleh Pemerintah Desa yang lebih mengetahui kondisi warganya,”jelasnya.

Pasar murah ini digelar di Desa Asemdoyong dan desa tetangganya Kabunan, Kecamatan Taman. Kemudian di Desa Sikasur dan Kalisaleh, Kecamatan Belik. Jumlah paket sembako yang dijual mencapai sebanyak 2.800 bungkus.

Dari ribuan paket sembako itu di Desa Asemdoyong dijual sebanyak 900 bungkus, Kabunan 500, Sikasur 900 dan Kalisaleh 500. Paket berisi 2 Kilogram (Kg) beras, 1 liter minyak goeng dan 1 Kg gula pasir.

Sementara itu dalam pasar murah ini ikut mengawal Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, Irna Setyawati Junaedi. Adapun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain yang juga ikut mendukung antara lain Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan.

Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan mengirimkan paket sembakonya untuk dijual di Desa Kedungbanjar, Kecamatan Taman dan Simpur, Kecamatan Belik.(Ali Basarah)

BERITA LAINNYA