Take a fresh look at your lifestyle.

Dinkop UKM Perdagangan Kembali Sosialisasikan Foodtruck untuk Pedagang Citywalk

TEGAL, smpantura.com – Pemerintah Kota Tegal, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkop UKM dan Perdagangan) kembali mensosialisasikan food truck kepada calon pedagang Jalan Ahmad Yani, yang ditata menjadi kawasan City Walk.

Sosialisasi yang digelar di Aula Kantor Dinas Perhubungan, Jumat (21/1) siang, dihadiri Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono, Kepala Dinkop UKM Perdagangan, M Rudy Herstyawan, Kepala DPUPR, Sugiyanto dan Plt Kepala Dishub, Abdul Kadir.

Kepala Dinkop UKM Perdagangan, Kota Tegal, M Rudy Herstyawan mengungkapkan, sosialisasi ke tiga turut menghadirkan salah satu pabrikan truk ternama dengan contoh foodtruck yang belum dilengkapi dengan karoseri.

“Belum ada kesepakatan harga. Akan kita kaji ulang, agar nantinya benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan calon pedagang,” ujar Rudy usai acara.

Adapun ukuran truk yang ditetapkan untuk foodtruck yakni panjang sekitar 5 meter dan lebar 1,820 meter. Sedangkan karoseri, mulai bentuk dapur, meja dan display dapat menyesuaikan selera pedagang.

Namun demikian, Wali Kota Tegal, Dedy Yon menghendaki foodtruck yang dipakai nanti benar-benar laik truk. Bukan mobil pikap yang dikaroseri menyerupai foodtruck.

“Sejauh ini sudah ada 60 orang yang berminat untuk membeli foodtruck. Dari jumlah itu, kita saring kembali menjadi 43 orang,” katanya.

Lebih lanjut Rudy membeberkan, harga truk yang didatangkan sebagai contoh dalam sosialisasi itu berkisar Rp 322 juta. Jika ditambah dengan karoseri untuk diperpanjang, ada biaya tambahan sekitar Rp 11 juta.

“Kita juga mulai mendata pada calon pedagang sesuai dengan jenisnya, sehingga saat berjualan nanti sudah tertata. Jangan sampai dalam satu tempat berderet jualan yang sama,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Jalan Ahmad Yani yang masih ditata menjadi kawasan City Walk, nantinya akan digunakan untuk berjualan dengan konsep foodtruck. Agar berjalan baik, Pemkot mulai melakukan sosialisasi dan merumuskan konsep berjualnnya. (T03-red)

BERITA LAINNYA