Take a fresh look at your lifestyle.

Ciptakan Usaha Mandiri, Warga Pamijen Dilatih Keterampilan Tata Rias Kecantikan

431

BUMIAYU- Pemerintah Desa (Pemdes) Pamijen, Kecamatan Bumiayu, Brebes, menggelar pelatihan tata rias dan kecantikan.

Kepala Desa Pamijen Subkhan Maulidi, Rabu (17/6), mengatakan, pelatihan keterampilan tata rias dan kecantikan diikuti sepuluh orang. Mereka terdiri dari kalangan remaja dan ibu rumah tangga. Kegiatan pemberdayaan tersebut dibiayai oleh pemerintah desa menggunakan dana desa (DD).“Adapun untuk pelaksanaannya bekerjasama dengan LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu,” kata kades.

Menurut kades, pelatihan ini diharapkan akan membuka peluang usaha baru untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Melalui keterampilan yang dimiliki, warga bisa menciptakan lapangan usaha baru dengan berwirausaha. Misalnya saja dengan membuka salon kecantikan.”Peningkatan kapasitas ini dilaksanakan setiap tahun dengan jenis kegiatan yang berbeda sesuai dengan hasil musyawarah desa,” ujarnya.

Kades menambahkan, bagian dari kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat ini dijalankan sesuai dengan protokol kesehatan. Baik peserta maupun instruktur diwajibkan mencuci tangan dan diukur suhu badan sebelum memulai kegiatan. Mereka juga menggunakan masker selama kegiatan berlangsung.

Direktur LPK Duta kasih Bunda Zaenal Arifin mengatakan, narasumber pelatihan tata rias merupakan ahli tata rias yang telah memiliki sertifikat kompetensi dibidangnya.”Tidak sekadar pelatihan tata rias, peserta juga dibekali dengan wawasan dan motivasi untuk berani membuka lapangan usaha baru dengan keterampilan yang dimilikinya,” kata Zaenal.

LPK Duta Kasih Bunda Bumiayu, Zaenal menegaskan, siap bermitra dengan dengan desa dalam melaksanakan program pemberdayaan masyarakat. Sejauh ini, Zaenal menambahkan, sudah ada 31 desa yang bermitra dalam pemberdayaan masyarakat. Jenis kegiatannya menyesuaikan dengan potensi yang dimiliki setiap desa.”Selain tata rias, ada pelatihan budidaya dan pembuatan pakan ikan lele, tata boga, tata busana, pertanian dan keperawatan anak,” ujarnya.(Teguh Tribowo/red38)

BERITA LAINNYA