Take a fresh look at your lifestyle.

Cegah Covid-19, Heru : Perusahaan di Tegal Terapkan Protokol Kesehatan

209

TEGAL – Sejumlah perusahaan di Kota Tegal telah telah melaksanakan protokol kesehatan sebagai langkah antisipasi terhadap peredaran Covid-19. Salah satunya dengan menyediakan tempat cuci tangan dan sabun.

“Untuk penyediaan hand sanitizer dan pemakaian masker, sebagian kecil perusahaan belum memenuhi ketentuan ini,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal, R Heru Setyawan, Sabtu (4/4) siang.

Sebab, sambung Heru, mereka kesulitan mendapatkan alat kesehatan tersebut di pasaran. Sedang untuk penggunaan sarung tangan, juga sudah mulai dipenuhi oleh perusahaan. Utamanya perusahaan yang mewajibkan para pekerjanya memakai sarung tangan.

Tak hanya itu, antisipasi dengan program sterilisasi juga mayoritas telah dilakukan perusahaan di Kota Bahari. Termasuk memperhatikan upaya meningkatkan imunitas pekerja dengan penyediaan vitamin kesehatan.

Sementara, untuk aspek-aspek yang belum dilaksanakan, pihaknya melalui petugas monev telah menyampaikan kepada perusahaan untuk segera memenuhi.

“Penerapan protokol kesehatan secara ketat diharapkan dapat berperan memutus penyebaran Covid-19,” pungkas Heru.

Ihwal dampak Covid-19 pada perusahaan, beberapa diantaranya menerapkan kebijakan dengan mengambil sistem kerja shift. Hal itu dilakukan, untuk menekan upah lantaran hari kerja efektif berkurang.

Ditambahkan Heru, lesunya usaha pariwisata membuat sebuah hotel di Kota Tegal menutup usaha dan merumahkan 93 pekerjanya. Demikian pula usaha wisata di salah satu mall yang terpaksa merumahkan 68 pekerjanya.

“Dari 60 perusahaan yang sudah dimonev, ada 234 karyawan yang dirumahkan tanpa kompensasi (unpaid leave),” tutupnya. (Haikal/red10)

BERITA LAINNYA