Take a fresh look at your lifestyle.

Besok Hari Tanpa Bayangan, Suhu Panas di Pantura Berpotensi Meningkat

137

 

TEGAL-Seluruh wilayah di Karesidenan Pekalongan akan mengalami hari tanpa bayangan bersama sejumlah wilayah lain di Jawa Tengah pada Jumat 11 Oktober 2019 antara pukul 11.21 hingga 11.30 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) mencatat, setidaknya ada 15 wilayah yang mengalami hari tanpa bayangan atau ketika matahari tepat berada di garis katulistiwa pada Jumat (11/10).

Mulai dari wilayah eks karesidenan Pekalongan yakni Brebes, Tegal, Slawi, Pemalang, Pekalongan, Kajen, dan Batang. Kemudian Semarang, Blora, Rembang, Pati, Purwodadi, Kudus, Demak, dan Kendal.

Selain 15 wilayah tersebut, terdapat wilayah lain di Jawa Tengah yang juga akan mengalami hal serupa pada Sabtu 12 Oktober dan Minggu 13 Oktober. Sedangkan Jepara menjadi wilayah satu-satunya yang diprediksi mengalami kejadian itu lebih awal yakni pada Kamis (10/10).

Prakirawan BKMG Stasiun Meteorologi Tegal Hendy Andriyanto menuturkan, hari tanpa bayangan merupakan peristiwa dimana di sekitar Tugu Khatulistiwa adalah saat terjadinya titik kulminasi matahari. Yakni fenomena alam ketika matahari tepat berada di atas kepala sehingga menghilangan bayangan benda yang berada di bumi.

Menurut Hendy, saat itu terjadi, ada beberapa dampak yang mungkin terjadi. Seperti akan adanya kenaikan suhu udara dan menurunnya kelembaban udara pada puncak dan beberapa hari setelahnya.

“Suhu bisa jadi tambah panas. Kalau saat ini rata-rata 32-33 derajat celcius bisa meningkat menjadi sekitar 34-35 derajat celcius. Sementara misalnya kalau biasanya kelembaban udara tercatat 50 persen, maka pada saat kulminasi bisa turun menjadi 40 persen,” pungkasnya.

Hendy menambahkan, peristiswa itu di Jawa Tengah akan terjadi hingga 13 Oktober. “Fenomena alam langka ini masih bisa dinikmati. Di beberapa wilayah Jawa Tengah sampai tanggal 13 Oktober,” pungkas Hendy. (Setyadi/Red4)

BERITA LAINNYA