Take a fresh look at your lifestyle.

Berkat Program ‘Sakti’, DPKH Brebes Raih Budaya Kerja Terbaik

93

BREBES – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes, berhasil meraih penghargaan Budaya Kerja terbaik tahun 2020. Prestasi dalam lomba Budaya Kerja tingkat kabupaten itu, diraih setelah DPKH menerapkan program Budaya Kerja Sakti (Sehati, Amanah, Kemandirian, Terintegrasi dan Inovatif).

Kepala DPKH Kabupaten Brebes, dr Ismu Broto mengatakan, lomba budaya kerja merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan Bagian Organisasi Setda Pemkab Brebes pertengahan November ini. Kegiatan diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkab Brebes. “Alhamdulilah, melalui Budaya Kerja Sehati ini, kami berhasil meraih prestasi terbaik tahun ini,” ujarnya dalam dialog interaktif di Aula DPKH Kabupaten Brebes, Kamis (25/4).

Menurut dia, budaya kerja melalui program Sakti ini, merupakan pola tingkah laku yang disepakati bersama antara karyawan di instansinya untuk menciptakan kinerja yang lebih baik. Di dalamnya mencakup 17 budaya kerja yang disederhanakan menjadi 5 poin penting. Yakni, Sehati, Amanah, Kemandirian, Terintegrasi dan Inovatif. Berjalan atau tidaknya pola tingkah laku yang telah disepakati bersama ini, tergantung dari komitmen seluruh karyawan DPKH. “Dari hasil penilain, ternyata program Sakti ini dapat dilaksanakan dengan baik, mulai dari internal kantor hingga pelayanan yang diberikan ke masyarakat. Secara kebetulan, nama Sakti ini juga sama dengan nama Sakti untuk program komoditas ternak kami,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Budaya Kerja Sakti ini, lanjut dia, diterapkan di semua bidang di jajarannya. Inovasi misalnya, diterapkan di bidang budidaya. Kemudian, Amanah diterapkan dalam pelayanan di bidang Keswan dan Kesmavet. “Inovasil yang baru kami terapkan, contohnya pengolahan limbah ternak melalui pembangunan bioraktor Kapal Selam. Dari inovasi ini, kami harapkan akan mendapatkan manfaat gas metan untuk listrik dan pupuk,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA