Take a fresh look at your lifestyle.

Berkait Covid 19, Pelanggar Lalin di Tegal Cukup Ditegur

* Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2020

235

TEGAL – Berkait wabah Virus Korona atau Covid 19, pelanggar lalu lintas (Lalin) di Kota Tegal, pun seperti diperlakukan ”cukup istimewa”. Mereka cukup ditegur dan tidak ditilang.

Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah SSi, didampingi Kasat Lantas AKP Bakti Kautsar Ali SSos mengatakan, dalam menjalankan operasi kepolisian bertajuk ”Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2020”, memang ada sesuatu yang berbeda dibanding kegiatan operasi serupa di tahun-tahun sebelumnya.

Personel Sat Lantas Polres Tegal Kota saat memberikan imbauan ke sopir angkot di Terminal Tipe A Kota Tegal.

”Personel kami, khususnya dari Sat Lantas Polres Tegal Kota, yang bertugas di lapangan memang tidak diperintahkan untuk melakukan tindakan langsung dengan surat bukti pelanggaran (Tilang). Tapi lebih mengutamakan sosialisasi dan upaya pencegahan,” terang dia.

Ada dua hal penting berkait dengan sosialisasi (Preemtive) dan upaya pencegahan (Preventive). Pertama adalah tentang upaya meningkatkan simpati masyarakat terhadap personel polantas, saat melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan berlalu lintas.

Kemudian ditindaklanjuti untuk mencegah (Preventive) masyarakat agar tidak mudah melakukan pelanggaran lalu lintas seperti tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kamseltibcarlantas

Hal itu sesuai dengan tema yang diusung dalam operasi tersebut. Yakni, ”Optimalisasi Giat Preemtive, Preventive, Kamseltibcarlantas Guna Meningkatkan Simpati Masyarakat Terhadap Polantas Dalam Rangka Pencegahan Virus Covid-19 dan Cipta Kondisi Menjelang Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 di Wilayah Hukum Polres Tegal Kota”.

Karena itulah, lanjut dia, sasaran yang diutamakan dalam operasi tersebut adalah, keselamatan pengguna jalan, kelancaran arus lalu lintas dan kepatuhan masyarakat dalam mematuhi aturan berlalu lintas.

Maupun mematuhi Maklumat Kapolri Nomor : MAK/2/III/2020 Tanggal 19 Maret 2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid 19) di Wilayah Hukum Polres Tegal Kota.

Menurut AKP Bakti Kautsar Ali SSos, meski sudah ada imbauan dan aturan perantau agar tidak mudik, pihaknya tetap mewaspadai dan perlu siaga mengadapi arus mudik lebaran diperkirakan berlangsung bulan Mei.

”Karena itulah, operasi yang digelar selama 14 hari, mulai Senin (6/4) sampai dengan Minggu (19/4), tetap dengan mengoptimalkan kegiatan Preemtive dan Preventive. Yakni, keselamatan dalam berlalu lintas, juga upaya pencegahan penularan virus korona,” ucap dia.(Riyono Toepra-red07)

BERITA LAINNYA