Take a fresh look at your lifestyle.

Berkah Sinergitas, ACT dan Lanal Tegal Bedah Rumah Mbah Tomo Bu

74

 

SLAWI – Mbah Tomo warga Desa Gembongdadi, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal kini dapat sedikit bernafas lega, setelah sekian tahun hidup dalam kecemasan dan ketakutan.

Sebab, kondisi rumahnya yang memprihatinkan perlahan mulai dibedah Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tegal berkolaborasi dengan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tegal, pada Jumat (8/1) lalu.

Babin Potmar Lanal Tegal, Peltu SAA Khumedi mengatakan, bedah rumah Mbah Tomo masuk dalam program rumah tidak layak huni atau Rutilahu yang merupakan program Pemerintah Pusat dan program karya bakti TNI.

“Kami berharap program ini akan terus berkelanjutan. Sehingga ACT dan Lanal dapat bersinergi membantu masyarakat yang kurang mampu agar bisa hidup dengan layak,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Gembongdadi, Karyoto memaparkan, bedah rumah Mbah Tomo sudah diusulkan lama oleh desa setempat. Namun, prosesnya terkendala status kepemilikan tanah.

Termasuk pula pada Dana Desa 2020 lalu, Karyoto mengaku sudah mengalokasikan sebagian diantaranya untuk bedah rumah Mbah Tomo. Namun, dana tersebut kemudian dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Memang kasus Mbah Tomo ini sudah viral, sudah banyak diwartakan media cetak maupun elektronik. Hingga DPR, Koramil dan Kecamatan ikut turun tapi belum bisa juga terealisasi. Namun, semuanya terpatahkan berkat sinergitas yang terjalin,” ungkapnya.

Dengan adanya bedah rumah dari ACT dan Lanal Tegal, pihaknya turut memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya. Diharapkan, proses rehab rumah Mbah Tomo dapat dapat berjalan lancar dan tak menemui kendala. (*)

BERITA LAINNYA