Take a fresh look at your lifestyle.

Warga Nahdliyin di Brebes Diajak Perangi Sampah Plastik

175

BREBES – Persoalan sampah plastik kini menjadi masalah yang harus ditangani bersama. Untuk itu, warga Nahdliyin di Kabupaten Brebes diajak untuk memerangi sampah plastik, sebagai bentuk kepedulian dalam menyelamatkan bumi. Ajakan tersebut diserukan Anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) IX, Nur Nadlifah, saat bersilaturahmi dengan warga Nahdliyin di Hotel Anggraeni, Jatibarang, Brebes, kemarin.

“Sebagai bakti nyata untuk menyelamatkan negeri, mari selamatkan bumi Indonesia dengan mengurangi dan memerangi sampah plastik. Salah satunya,
dengan berani menolak saat diberikan minuman berkepasan plastik, yang bungkusnya langsung dibuang,” ujar Nur Nadlifah, kemarin.

Menurut dia, Secara nyata sampah plastik terus mencekik bumi. Plastik sekali pakai terus mengotori lingkungan, bahkan sudah sering dilihat gambaran satwa-satwa di sekitar laut yang mati akibat memakan plastik. Tak hanya satwa, plastik pun masuk ke dalam tubuh manusia dalam bentuk mikroplastik lewat makanan, minuman, dan udara yang dihirup. “Sungguh tidak dirasa, kalau plastik ini ternyata banyak yang memasuki tubuh kita. Siapa lagi kalau bukan kita semua yang merubah kebiasaan menggunakan plastik, dengan pantang terhadap plastik yang menyampah,” tandasnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya mengajak seluruh Nahdliyin, khususnya di Brebes untuk bisa bantu membebaskan bumi dari jeratan plastik. Caranya, bisa memulai dari perubahan gaya hidup agar tidak ketegantungan dengan plastik. Kemudian, bisa mendesak perusahaan untuk berinovasi dan meninggalkan plastik sekali pakai, seta mendesak pemerintah untuk membuat aturan mengenai plastik sekali pakai. “Untuk peduli sampah plastik ini, mari kita mulai dari diri kita. Cara yang termudah, dengan membiasakan membawa botol minuman, sehingga kita tidak menggunakan air minum dalam kemasan yang bungkusnya dari plastik dan bisa langsung dibuang,” sambungnya sambil menunjukan botol minuman yang dibawa anggota DPR RI ini.

Sementara, Ketua Pimpinan Cabang Fatayat NU Brebes Nur Wahidah mengatakan, pihaknya mengapresiasi ajakan memerangi sampah plastik dengan kampanye perilaku hidup bersih, sehat serta peduli lingkungan. “Saya sebagai Ketua Fatayat, akan menginstruksikan agar dalam setiap pertemuan minuman yang diberikan dengan menggunakan gelas, cangkir, yang dituang dari ketel. Sehingga akan mengurangi sampah plastik. Kami komitmen dengan ajakan Nur Nadlifah untuk mengurangi dan memerangi sampah plastik,” pungkasnya.

(bayu setiawan-red2)

BERITA LAINNYA