Take a fresh look at your lifestyle.

Vaksinasi Anak 6-11 Terus Digencarkan Binda Jateng

- Rentan Tertular Covid 19

KAJEN – Motto ”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat” masih menjadi agenda program kerja dari Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah. Hingga sekarang, Binda Jateng tak henti-hentinya menjalankan program vaksinasi massal secara door to door di wilayah kerjanya. Seperti yang dilakukan hari ini (14/1), di lima wilayah serentak diselenggarakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dan masyarakat umum dengan target sasaran 6.400 orang.
Dari lima daerah itu, kegiatan dipusatkan di SD Fawatikhul Husna Pegandon, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal, lalu Balai Desa Pamedaran, Kecamatan Ketanggungan, dan Desa Cikakak, Kecamatan Banjarharjo, Kabupateb Brebes. Kemudian SD Muhammadiyah Pangkah, Desa Pangkah, Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, lalu SDN Ngadirojo 1, Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri serta SDN 01 Dieng Kulon dan SDN 01 Sumberejo, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Dalam kegiatan ini, Binda Jateng melibatkan sebanyak 465 tenaga kesehatan (Nakes) dan jenis vaksin untuk anak-anak menggunakan jenis sinovac.
”Sedangkan untuk masyarakat secara door to door menggunakan vaksin yang tersedia dari Dinas Kesehatan, terang Kabinda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, SH MM kepada wartawan dalam press rllisnya.
Vaksinasi anak atau pelajar usia 6 – 11 tahun sangat diperlukan mengingat mereka juga rentan tertular virus corona. Dukungan orang tua dan seluruh pihak seperti guru sangat diperlukan untuk suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut. Harapannya mereka semakin memahami pentingnya vaksinasi untuk putra putrinya di tengah pandemi saat ini.
Ditambahan, vaksinasi door to door masih menjadi strategi binda dalam pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat. Strategi yang diterapakannya selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Selain mendirikan sentra vaksinasi, Binda Jateng bersama dengan tenaga Kesehatan juga melakukan jemput bola warga yang tidak hadir ke sentra vaksinasi.
”Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra-sentra vaksin,” katanya.
Sebelumnya, Binda jateng telah melaksanakan pencanangan atau launcing vaksin booster untuk masyarakat diempat daerah yakni Kota Semarang, Kabupaten Pekalongan, Banjarnegara, dan Wonosobo. Ke depan jajarannya akan kembali melaksanakan vaksinasi serupa dengan sasaran kelompok lanjut usia dan kelompok rentan. Seluruh kegiatan vaksinasi ini bertujuan untuk mendukung kebijakan pemerintah menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) sehingga masyarakat dapat tahan terhadap virus covid 19 yang terus bermutasi.
Sementara itu, khususnya di Kabupaten Pekalongan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 dari Binda Jateng dipusatkan di SD SD Muhammadiyah Pangkah, Kecamatan Karangdadap dan disaksikan sejumlah pejabat setempat. Di antaranya Kepala Pos Daerah (Kaposda) BIN Kabupaten Pekalongan, Bambang Purwadi, Camat Karangdadap, Siti Arofah, perwakilan TNI dan Polri serta dan undangan lainnya. Adapun targetnya sebanyak 1.000 anak dan pesertanya bukan hanya siswa di sekolah itu namun gabungan sekolah sekolah yang berada di sekitar daerah tersebut.
Camat Karangdadap dalam sambutannnya mengucapkan terimakasih kepada Binda Jateng yang telah menggelar vaksinasi anak usia 6-11 di wilayah kerjanya. Dari kegiatan itu paling tidak bisa meningkatkan capaian vaksinasi massal, terutama untuk kalangan anak usia sekolah TK hingga SD. (PO5-Red)

BERITA LAINNYA