Take a fresh look at your lifestyle.

Universitas Peradaban Gelar Seminar Trik Jitu Tembus PNS

187

* Banyak Peserta CPNS Gagal pada Tes Karakteristik Pribadi

BUMIAYU Universitas Peradaban Bumiayu (UPB), Brebes, menggelar Seminar Nasional Trik Jitu Tembus PNS, kemarin. Seminar yang dilangsungkan di Masjid Kampus Alfiah Nasucha ini diikuti 300 peserta. Sebagian dari mereka merupakan mahasiswa tingkat akhir.

Pembantu Rektor I UPB Ujang Khiarusoleh mengatakan, seminar merupakan bagian dari upaya untuk membekali mahasiswa, lulusan dan masyarakat umum yang berminat mengikuti tes CPNS.”Hal ini penting karena persaingan dan seleksinya sangat ketat,” kata dia.

Pada seleksi CPNS 2018, Ujang mengungkapkan, ada 97 persen dari total 4.436.694 peserta CPNS 2018 yang dinyatakan tidak memenuhi pasing grade. Ini menggambarkan betapa ketatnya tes CPNS.”Kebanyakan dari mereka gagal pada Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” ujarnya.

Menurutnya, kegagalan itu disebabkan karena menganggap sepele TKP. Bagian dari Tes Kompetensi Dasar (TKD) tersebut sering dianggap paling mudah dibanding dengan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) serta Tes Intelegensia Umum (TIU).”Ini tentu saja harus menjadi perhatian bagi mereka yang ingin mengikuti tes CPNS. Kenali dan pelajari dahulu sebaik mungkin apa itu TWK, TIU dan TKP. Kenali juga apa itu passing grade,” ujarnya.

Narasumber lainnya M Kadarisman mengatakan banyaknya peserta CPNS 2018 yang gagal memenuhi passing grade menjadi pekerjaan rumah (PR) pemerintah. Pasalnya dari 238.015 formasi yang tersedia, baru 3% saja yang memenuhi syarat.”Ada dua opsi yang dimiliki pemerintah, yang pertama menurunkan passing grade agar formasi terisi. Kemudian yang kedua adalah membiarkan formasi kosong. Yang jelas pemerintah tidak akan mengulang TKD dikarenakan kebutuhan biaya yang sangat besar apabila tes tersebut diulang,” ujarnya.

Meski persaingan dan seleksinya ketat, Wakil Senior Rektor UPB itu mengajak mahasiswa tetap optimistis. Yaitu dengan caranya mempersiapkan diri sejak dini.”Seminar ini merupakan salah satu upaya dari kampus untuk membekali lulusan agar tahu akan informasi dan trik dalam memecahkan soal-soal tes CPNS,” ujarnya. Dia menambahkan, pada tahun 2018 lalu ada 30 lulusan yang lolos CPNS. Mereka didominasi dari Fakultas pendidikan Guru Sekolah Dasar (FKIP),” ujarnya.(Teguh Tribowo/ Red38)

BERITA LAINNYA