Take a fresh look at your lifestyle.

UMKM Konveksi Masker Bantu 1 Ton Beras

183

SLAWI – Program 1 juta masker yang dikelola Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal berhasil menggairahkan sejumlah UMKM konveksi pembuatan masker. Sebagai rasa syukur atas keterlibatan UMKM dalam menyukseskan program tersebut, mereka menggalang dana untuk membantu masyarakat yang terdampak Virus Korona (Covid-19).

“Alhamdulillah, kami berhasil menggalang sekitar 1 ton beras. Beras ini disalurkan lewat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tegal,” kata Akhmad Hakam Rifqi yang mewakili para UMKM, Selasa (28/4).

Dikatakan, sejak awal mendapatkan order masker dari Dinkes, sejumlah UMKM sepakat menyisihkan sedikit rejekinya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Dirinya mengaku dimintai tolong untuk mewakili para UMKM untuk menyerahkan bantuan, karena para UMKM itu sejak pertama juga meminta bantuan identitas dirinya sebagai syarat pencairan pembayaran masker. Pasalnya, para UMKM itu tidak memiliki NPWP. Setelah terkumpul dari sebagian keuntungan pesanan 10 ribu masker yang dikerjakan sejumlah UMKM, dibelikan beras yang langsung disalurkan ke Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tegal. Pihaknya memilih menyalurkan ke Gugus Covid-19 agar bantuan tepat sasaran.

“Kalau dibagikan sendiri barangkali tumpang tindih,” ujarnya.

Kepala Dinkes Kabupaten Tegal, dr Hendardi menyampaikan ucapa terimakasih kepada para UMKM yang sudah membantu pemerintah dalam membantu masyarakat yang terdampak Virus Korona. Direncanakan, bantuan tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat yang belum mendapatkan bantuan apapun, baik dari Pemerintah Pusat, Pemkab Tegal, Pemprov Jateng, Dana Desa dan bantuan lainnya.

“Kita akan data yang belum mendapatkan bantuan, dan segera didistribusikan,” katanya. (Wiwit-red03)

BERITA LAINNYA