Take a fresh look at your lifestyle.

Tiga Pasien Covid-19 di RSUD dr Soeselo Dinyatakan Sembuh

277

SLAWI-Tiga pasien yang dirawat di RSUD dr Soeselo Slawi, Kabupaten Tegal dinyatakan sembuh dari virus Korona atau Covid-19. Ketiganya diperbolehkan pulang, Rabu (6/5).

Kesembuhan tiga pasien ini disambut baik Bupati Tegal, Umi Azizah. Bahkan bupati , hadir ke rumah sakit untuk melepas kepulangan pasien tersebut ke rumah masing-masing. Turut mendampingi Direktur RSUD dr Soeselo Slawi, dokter Guntur Muhammad Taqwin dan sejumlah paramedis serta anggota DPRD Provinsi Jateng.

Ketiga pasien yang dinyatakan sembuh dari Korona, yakni laki-laki berusia 63 tahun yang berdomisilidi Desa Selapura Kecamatan Dukuhwaru. Untuk pasien sembuh asal Desa Selapura tersebut, atas permintaan anaknya dialihkan alamatnya ke Desa Pesarean, Kecamatan Pagerbarang.
Kemudian, balita laki-laki berusia 9 bulan asal Desa Kertaharja, Kecamatan Pagerbarang dan laki-laki berusia 49 tahun asal Desa Berkat, Kecamatan Tarub.

Bupati Tegal, Umi Azizah pada kesempatan itu, menyatakan terima kasih kepada seluruh dokter dan perawat yang telah merawat pasien yang terpapar Covid-19. Sembuhnya tiga pasien tersebut diharapkan bisa menambah semangat bagi paramedis yang berjuang melawan Covid-19.

“Di bulan Ramadan ini, mudah-mudahan selalu ada kabar gembira dan peristiwa yang menyenangkan. Hari ini ada tiga pasien yang sembuh dan pulang ke rumah . Semoga pertanda baik bagi kita Covid-19 segera berakhir. Pasien yang saat ini dirawat segera menyusul sembuh,”tuturnya.

Umi menyebutkan, balita dan orang lansia merupakan kelompok rentan tertular Covid-19. Hal yang menggembirakan, bila balita usia 9 bulan yang positif Covid-19 akhirnya bisa sembuh, dan ibunya juga dinyatakan negatif.

“Dengan ikhtiar dokter dan ketaatan para pasien, Insya Allah sembuh. Pasien pakai masker dan cuci tangan. Diharapkan sepulang dari rumah sakit, tetap mentaati anjuran dokter, yakni selama 14 hari melakukan karantina mandiri di rumah. Dari kami tetap akan melakukan pemantauan,”kata Umi.

NAIK AMBULANS: Pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 diantar ulang dengan menggunakan mobi ambulans RSUD dr Soeselo Slaw, Rabu (6/5).

Pencegahan dan penanganan Covid-19, lanjut Umi, dibutuhkan peran serta masyarakat. Masyarakat diharap menerapkan protokol kesehatan dan menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih (PHBS). Terlebih, menjelang hari raya banyak warga yang pulang kampung berasal dari daerah zona merah.

Untuk itu, masyarakat diminta saling mengingatkan bila ada warga yang pulang kampung. Pihaknya telah mengimbau kepada kepala desa /lurah untuk menyiapkan tempat karantina mandiri di desa. Untuk tempat karantina bisa menggunakan masjid, gedung sekolah, atau rumah yang tidak dihuni.

Pada pelepasan pasien ini, para pasien menerima bantuan paket sembako, beras 20 kg dan uang, untuk mencukupi kebutuhan selama masa karantina di rumah.
Direktur RSUD dr Soeselo, dokter Guntur Muhammad Taqwin berharap, agar masyarakat bisa menjaga kesehatan, menerapkan physical distancing, dan mengenakan masker. Semua ini upaya untuk menjaga agar terhindar dari penularan Covid-19.

Sementara itu, dokter Muhammad Irfan SpP, selama perawatan pasien tidak ada kendala. Tiga pasien tidak memiliki penyakit penyerta. Hanya ada pasien laki-laki yangberdomisili di Desa Berkat usia memiliki penyakit darah tinggi. “Alhamdulillah selama perawatan, bisa terkendali,”tutur Irfan.(Sari/Red-06)

BERITA LAINNYA