Take a fresh look at your lifestyle.

The Avengers Jawa Meriahkan Karnaval Prupuk Utara

196

MARGASARI – Pasukan superhero <I>The Avengers<P> yang booming di seantero dunia, menjadi inspirasi dalam dalam karnaval HUT ke-74 Republik Indonesia di Desa Prupuk Utara, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal,, Rabu (20/8). Namun, <I>The Avengers<P> di karnaval ini, mengadopsi pakaian Jawa atau <I>The Avengers<P> ala Jawa. Hampir semua peserta karnaval tersebut menampilkan pakaian adat Jawa sebagai representatif dari kearifan lokal budaya di wilayah tersebut.

 

Karnaval tingkat Desa Prupuk Utara berlangsung meriah dengan star dari TPK Prupuk Utara dan finis di Lapangan Desa Prupuk Utara. Warga sangat antusias melihat penampilan para anggota kelembagaan desa yang mengenakan pakaian <I>The Avengers<P> ala Jawa. Bahkan, perangkat desa di wilayah selatan Kabupaten Tegal itu, juga mengenakan pakaian Jawa yang diarak keliling desa dengan jarak tempuh sekitar 3 kilometer.

 

“Ini bentuk rasa syukur kami dalam rangka HUT ke-74 RI. Hampir semuanya menggunakan pakaian Jawa sebagai bentuk apresiasi terhadap keanekaragaman bangsa ini,” Kepala Desa Prupuk Utara Sri Lestari.

 

Dikatakan, kegiatan karnaval tersebut mendapatkan dukungan dari semua kelembaan desa yang ikut serta terjun langsung dalam menampilkan keanekaragaman masyarakat di desa tersebut. Selain itu, juga menampilkan hasil kerajinan, hasil pertanian dan budaya lainnya. Diharapkan, kegiatan karnaval itu bisa memupuk rasa kebersamaan dalam membangun Desa Prupuk Utara.

 

“Pembangunan di Desa Prupuk Utara harus dipukul bersama-sama. Kami hanya pelayan masyarakat yang siap untuk memajukan masyarakat Prupuk Utara,” ujarnya.

 

Ditambahkan, kegiatan serupa akan terus digelorakan dalam perayaan HUT RI mendatang. Pasalnya, selain hiburan untuk masyarakat, juga memupuk rasa gotong royong. Kondisi itu yang harus tetap dihidupkan agar budaya gotong royong tetap lestari di masyarakat.

 

“Jangan sampai budaya gotong rotong punah, karena peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam membangun desa,” pungkasnya. (Wiwit/red05)

BERITA LAINNYA