Take a fresh look at your lifestyle.

Target Terpenuhi, BPN Kota Tegal Deklarasi Capaian PTSL Tahun 2019

195

 

TEGAL-Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tegal mendeklarasikan capaian penyelesaian kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019 yang telah selesai 100 persen.

Pembacaan deklarasi langsung oleh Kepala BPN Tegal Siyamto A.Ptnh. M.Si dihadapan Tim Monitoring PTSL dari Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Jawa Tengah, di Aula Kantor BPN Tegal, Kamis (15/8/2019).

Dalam deklarasi pencapaian target 100 persen itu dihadiri Kepala Kanwil BPN Jateng Ir. H. Johanar, M.Ec.Dev serta Kepala BPN se-Eks Karesidenan Pekalongan.

Usai deklarasi, dilanjutkan dengan penandatanganan serahterima dokumen hasil kegiatan PTSL 2019. Terdiri dari sertifikat, buku tanah, gambar ukur, surat ukur, dan Warkah.

Kepala BPN Tegal Siyamto mengungkapkan, target 1.500 sertifikat dan 2.000 bidang Peta Bidang Tanah (PBT) telah terselesaikan sejak 30 Juni 2019 atau dua bulan lebih cepat dari target yang ditetapkan Kanwil yakni September.

Tak hanya itu, BPN Kota Tegal juga telah melaksanakan kegiatan pendataan menuju program Kota Lengkap. Bertujuan agar terpenuhinya satu peta mengacu pada satu referensi gesopasial, satu standar, satu basis data dalam suatu wilayah administratif Kota Tegal.

Dengan peta lengkap, maka akan terbangun tematik berbasis bidang tanah, terbangunnya peta pendaftaran tanah lengkap, serta terbangungan sinkronisasi data spasial.

Untuk mewujudkan kegiatan pendataan Kota Lengkap, maka diperlukan dukungan semua pihak. Salah satunya Pemkot Tegal. Kegiatan pendataan Kota Lengkap memiliki banyak manfaat.

Antara lain, tersedianya peta kelurahan berbasis bidang tanah/persil, terwujudnya perbikan peta batas wilayah, serta pembaharuan peta Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Serta terwujudnya manajemen aset tanah Pemkot, dan adanya kesatuan data antar instansi yang dapat digunakan dalam sistem pendukung keputusan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kanwil BPN Jateng Jonahar mengapresiasi atas kinerja Kepala BPN Kota Tegal dan jajarannya. Menurutnya, upaya mencapai target PTSL membutuhkan perjuangan yang keras.

Meski Kota Tegal hanya memiliki empat kecamatan, namun memiliki tantangan tersendiri. Sehingga besar kecilnya suatu wilayah dengan letak geografis dan dinamika masyarakatnya membutuhkan semangat kerja yang tinggi.

Sebelum deklarasi, Kepala Kanwil Jateng Jonahar dan jajaran BPN Kota Tegal berkesempatan beraudiensi dengan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono di rumah dinas wali kota. (Setyadi/Red4)

 

BERITA LAINNYA