Take a fresh look at your lifestyle.

Tak Mudik, Warga Tegal di Jabodetabek Bakal Dibantu IKBT BA dan IKASMA

425

TEGAL – Sebanyak 350.000 masyarakat Tegal yang berada di Jabodetabek diperkirakan tidak bisa mudik tahun ini. Untuk memenuhi kebutuhan selama bertahan hidup di sana, Ikatan Keluarga Besar Tegal Bahari Ayu (IKBT BA) dan Ikatan Alumni SMA 1 Tegal (IKASMA) menyatakan siap menyalurkan bantuan.

Ketua Umum IKBT BA, Dr Tafakurrozak melalui rilis yang diterima SMPantura mengatakan, mereka yang menerima bantuan yakni warga Kota maupun Kabupaten Tegal yang berada di Jabodetabek, yang terdampak Covid-19 dan tidak bisa mudik karena anjuran pemerintah.

Pihaknya memperkirakan, jumlah warga Tegal mencapai 350.000 jiwa. Untuk meringankan beban warga Tegal, sekaligus menyukseskan program pemerintah, IKBT BA dan IKASMA meminta kepada warga Tegal untuk tidak mudik.

“Dengan niat baik IKBT BA dan IKASMA mencoba menanggulangi pandemi Covid-19 dengan berbagai pihak untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya mengajak warga Tegal untuk tidak mudik dan mengemasnya dengan tema ‘Yuk Aja Mudik Saiki, Melasi Mane Karo Bapane Kowen’,” katanya.

Untuk tahap awal, IKBT BA dan IKASMA akan merealisasikan sembako untuk 1.000 orang, masker 2.150 unit, baju hazmat 80 buah, kacamata Google Medis 30 buah, Hand Sanitizer 100 buah dan 1.000 nasi bungkus.

“Ini wujud nyata keberadaan IKBT BA dan IKASMA dalam rangka berbagi dan berbuat kebaikan bagi masyarakat Tegal di perantauan Jabodetabek yang saat ini belum mendapatkan bantuan dan belum beruntung akibat wabah pandemi Covid-19,” imbuh Tafakurrozak.

Sementara, bantuan sembako dan masker dibagikan kepada para buruh, kuli bangunan, sopir, ojol, satpam, penjaga warung, asisten rumah tangga dan karyawan yang terkena PHK. Sedangkan APD dan hand sanitizer diberikan kepada RSUD Pasar Minggu Jaksel serta RSUD Kardinal, Kota Tegal.

Dengan adanya aksi bantuan dari IKBT BA dan IKASMA tersebut, diharapkan tidak ada orang-orang Tegal di perantauan Jabodetabek yang kelaparan dan kekurangan pangan. Serta sebagai salah satu insentif agar warga Tegal di perantauan tidak mudik (stay at home Jabodetabek).

“Secara simbolis, kita berikan sembako, masker dan APD kepada sembilan penerima dengan menerapkan physical distancing di Posko Lawan Covid-19 IKBT-BA & IKASMA, di Nafadi Building Lantai 1, Rukan Avenue 8/ 161, Jakarta Garden City, Cakung Jaktim,” tutupnya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA