Take a fresh look at your lifestyle.

Tak Bermasker, Pengunjug CFD Dapat Sanksi Sosial

191

TEGAL – Sejumlah pengunjung Car Free Day (CFD) di kawasan Alun-alun Kota Tegal mendapat sanksi sosial dari petugas Satpol PP, Minggu (31/5) pagi. Pasalnya, mereka didapati tak menggunakan masker sesuai dengan anjuran protokol kesehatan.

Mereka yang kedapatan tidak memakai masker, langsung didata petugas dan diminta untuk segera pulang. Beberapa diantaranya mendapat sanksi sosial, berupa menyanyikan lagu nasional, hingga menyebutkan sila Pancasila berikut dengan simbolnya. Bahkan, mereka yang melanggar juga sempat diminta push up oleh petugas.

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi yang menantau langsung penerpan protokol kesehatan menyebutkan, seluruh warga masyarakat yang masuk ke Kota Tegal wajib menggunakan masker. Jika tidak, pihaknya siap memberikan sanksi tegas.

“Kita tidak boleh lengah, harus tetap waspada walaupun sudah zona hijau tetap protokol kesehatan harus dipertahankan, ini tidak bisa ditawar lagi,” tegas Jumadi.

Terkait sanksi, dirinya mengatakan sesuai Peraturan Walikota Tegal Nomor 13 Tahun 2020 ada sanksi yang diberikan bagi pelanggar protokol kesehatan. Namun, saat ini pemberian sanksi baru sebatas peringatan hingga hukuman ringan.

“Saya kira diawal penerapan pra new normal Pemkot masih persuasif. Secara humanis kita memberi pengarahan kepada warga bahwa Pandemi Covid-19 belum berakhir,” ujarnya. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA