Take a fresh look at your lifestyle.

Tahun Depan, Ada Perubahan Kebijakan Penyaluran Dana Desa

204

BREBES – Pemerintah pusat segera melakukan perubahan kebijakan penyaluran dana desa ada tahun 2020 mendatang. Itu dilakukan agar dana desa bisa dimanfaatkan efektif sejak awal tahun. Hal tersebut diutarakan Anggota Komisi II DPR RI, Agung Widyantoro, saat kunjungan di Brebes, kemarin.

“Pak Presiden Jokowi sudah memberikan arahan terkait perubahan kebijakan penyaluran dana desa, ini dimulai sejak bulan Januari 2020,” kata Agung Widyantoro.

Mantan Bupati Brebes itu mengatakan, perubahan kebijakan itu, telah dalam proses pembahasan pihak Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Berdasarkan data Kemenkeu, jumlah total Dana Desa yang dialokasikan dalam APBN tajun 2020, besarnya mencapai Rp 72 triliun. Jumlah itu naik dari tahun 2019 yang sebesar Rp 70 triliun. “Tahun depan, penyaluran Dana Desa akan berubah dari sebelumnya 20 persen di tahap satu, 40 persen tahap dua, dan 40 persen tahap tiga menjadi 40 persen di tahap satu, 40persen di tahap dua, dan sisanya 20 persen di tahap tiga,” jelasnya.

Skemanya perubahan itu, lanjut dia, untuk percepatan ekonomi produktif, menggerakkan industri di pedesaan, serta mengurangi kemiskinan desa. “Harapan pemerintah kenapa dirubah skemanya, karena untuk program padat karya dan bisa memberikan kesempatan kerja bagi mereka yang miskin, yang menganggur di desa dengan, program kerja masing-masing desa” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, perubahan kebijakan skema penyaluran tak bisa dilakukan secara sepihak oleh pemerintah pusat saja. Namun diperlukan imbauan kepada pemerintah daerah agar siap menyerap anggaran yang disalurkan lebih besar di awal tahun. “Kami imbau agar daerah siap dengan percepatan penyaluran ini, termasuk mengetahui apa saja yang harus dipenuhi. Kemudian, syarat-syarat yang harus dipenuhi dengan tahap penyaluran yang berubah ini,” sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, alokasi Dana Desa yang akan diterima Kabupaten Brebes tahun 2020 mencapai Rp 495 miliar.Jumlah itu lebih besar dari yang diterima tahun 2019 sebesar Rp 441 miliar.

(bayu setiawan-red2)

BERITA LAINNYA