Take a fresh look at your lifestyle.

SMA Negeri Akan Dibangun di Kecamatan Tegal Selatan

119

TEGAL – Setelah sekian puluh tahun banyak dipertanyakan berbagai pihak, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) memberikan jawaban terkait penyediaan fasilitas pendidikan di wilayah Kecamatan Tegal Selatan.

Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono dan Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi didampingi Staf Ahli serta Kepala OPD melakukan monitoring wajah kota, meninjau langsung lokasi di sebelah barat Kantor Kelurahan Kalinyamat Wetan, Kecamatan Tegal Selatan, Jumat (5/6) siang.

Lokasi tersebut direncanakan bakal dibangun sarana pendidikan berupa SMA Negeri. Hal ini menyesuaikan aturan Kemendikbud perihal zonasi sekolah, mengingat di Kecamatan Tegal Selatan sendiri belum memiliki sekolah negeri bertaraf SMA maupun SMK.

“Ketika sistem zonasi pendidikan diterapkan, seharusnya sebelum itu Kemendikbud juga harus tahu kondisi real di lapangan. Pastikan betul bahwa di seluruh Kecamatan se-Indonesia itu paling tidak sudah memiliki sekolah negeri, baik SMA maupun SMK,” ucap Walikota.

Walikota juga menjelaskan, dalam pembangunan suatu sekolah juga harus melihat standar pendidikan yang disyaratkan. Dimana idealnya, setiap satu angkatan, kelas satu itu masing-masing 10 kelas memiliki 30 siswa. Begitu halnya dengan kelas dua dan tiga, yang kemudian disesuaikan dengan jurusan.

Untuk merealisasaikan semua itu, direncanakan tahun depan akan segera dibangun sekolah seperti yang diungkapkan Walikota. Dengan begitu, masyarakat Kecamatan Tegal Selatan tidak perlu lagi bersusah payah mencari sekolah sesuai dengan zonasi.

“Di sini, kita siapkan 4,5 hektar untuk pembanguna SMA Negeri. Semoga pembangunan bisa dilakukan dalam waktu dekat, sehingga tahun depan sudah ada SMA di sini,” tegasnya.

Dalam monitoring tersebut, Wali Kota dan rombongan juga melihat langsung Posko Penanggulangan Covid-19 di Kelurahan Randugunting, meninjau tembok keliling Makam Syaikh Sayid Fatunonnurrozi dan saluran irigasi di Kelurahan Tunon serta TPST KSM Bahari Asri, Kelurahan Kalinyamat Wetan. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA