Take a fresh look at your lifestyle.

Siswa SMA 1 Wiradesa Dikenalkan Perguruan Tinggi

194

KAJEN – Guna menarik siswa agar melanjutkan sekolah ke jenjang lebih tinggi, SMA 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan memperkenalkan sejumlah perguruan tinggi di sekolah setempat kemarin.
Kepala SMA 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Teguh Priyatmo Hadi mengatakan, pada kesempatan ini pihaknya mengenalkan siswa terhadap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta khususnya yang ada di Jawa Tengah melalui Gelar Spatra Education Fair.
“Acara Spatra Education Fair ini mengundang 30 perguruan tinggi dan bimbingan belajar guna memberikan gambaran kepada siswa dan orang tua terutama tentang pembelajaran serta pembiayaan di perguruan tinggi,” kata dia.
Namun pada kesempatan ini yang hadir ada 12 perguran tinggi negeri, 14 perguruan tinggi swasta dan dua bimbingan belajar. “Sebetulnya kami juga mengundang perguruan tinggi lainnya dari luar negeri seperti Al Azhar. Tapi karena ada kendala belum bisa ikut berpartisipasi. Mudah-mudahan ke depan lebih banyak yang kami sajikan,” ucapnya.
Dikatakannya, berdasarkan data yang ada minat siswa di SMA 1 Wiradesa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi cukup bagus yakni mencapai 95 persen. Mudah-mudahan pada tahun ini jumlah tersebut bisa meningkat diangka 97 persen.
“Ini momen yang tepat untuk sosialisasi perguruan tinggi pasalnya, pada bulan Maret sudah terjadwal pelaksanaan Ujian Nasional. Dengan begitu siswa akan lebih fokus terhadap pelajaran tanpa terganggu hal lain. Apalagi sosialisasi sudah dilakukan secara bersamaan,” ucapnya.
Dirinya berharap, siswa lulusannya mampu bersaing di era global dengan masuk ke sejumlah perguruan tinggi favorit. “Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita para siswa dan harapan orang tua, bangsa dan negara bisa tercapai. Karena merekalah generasi penerus bangsa ini,” tandasnya.
Sementara itu salah seorang guru SMA 1 Wiradesa Kabupaten Pekalongan Lia Hindriani mengatakan, yang juga sangat penting dari acara ini adalah siswa-siswi mendapat kesempatan untuk mendengarkan perkenalan tentang proses registrasi, administrasi, dan cara memilih program studi yang mereka minati.
“Bagi siswa-siswi ini sangat penting karena mereka dapat mengenal langsung segala hal-hal penting terkait kampus tersebut. Ini masukan dan bahan pertimbangan terbaik bagi mereka walau nantinya akan mempertimbangkan kembali dengan sangat matang tentang prodi atau jurusan apa yang bakal dipilih setamat SMA,” katanya.

(Siti Masithoh-red2)

BERITA LAINNYA