Take a fresh look at your lifestyle.

Sepakat, Harga Solar Nelayan Pantura ke Natuna Rp 9.150

145

TEGAL – Persiapan kebarangkatan 30 kapal nelayan Pantura Kota Tegal ke Perairan Natuna Utara mencapai babak baru. Belum lama ini, telah disepakati harga solar yang lebih terjangkau untuk digunakan para nelayan dengan dibanderol Rp 9.150 per liter.

“Beberapa pihak telah sepakat menetapkan harga solar Rp 9.150 per liter. Harga itu lebih murah dari sebelumnya Rp 9.400,” terang Ketua Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT), Susanto Agus Priyono saat melakukan rapat bersama pemilik kapal dan nahkoda, Minggu (23/2).

Realisasinya, lanjut Susanto, penyaluran solar dilakukan secara serentak di Kota Tegal melalui Koperasi Usaha Desa (KUD) Karya Mina. Sesuai rencana, solar akan disalurkan melalui 70 unit truk tangki dan dibagi menjadi dua titik, di Pelabuhan Jongor dan Pelabuhan Timur (Tegalsari-red).

Selain solar, persiapan keberangkatan 30 kapal nelayan Pantura berukuran diatas 100 grosston tinggal menunggu aturan teknis. Menyusul ditandatanganinya kesepakatan bersama Koordinasi Pengendalian, Pengamanan dan Pemanfaatan Sumber Daya Ikan laut Natuna Utara.

Penandatanganan tersebut dilakukan Menteri Koordinator Bidan Politik, Hukum dan Keamanan, Moh Mahfud MD bersama 12 stakeholder. Dilakukannya sinergitas itu, agar tidak terjadi tumpang tindih atau tidak terjadi kekosongan penanganan.

“Sudah ada kerjasama 13 kementerian dan lembaga (K/L). Dua kabar baru ini membuat para nelayan semakin semangat untuk berangkat ke Natuna Utara,” imbuh Susanto.

Perlu diketahui, 13 K/L yang memiliki wewenang di laut selama ini familiar dengan ketidaksinerginya, karena masing-masing memiliki peraturan perundang-undangan yang berbeda. Namun semuanya melebur menjadi satu dan bersepakat melakukan kerjasama. (Haikal/red2)

BERITA LAINNYA