Take a fresh look at your lifestyle.

Sekolah Diliburkan, SMP Negeri 1 Bumiayu Terapkan Pembelajaran Online

* Antisipasi Penyebaran Virus Corona

219

BUMIAYU- Sebanyak 857 siswa SMP Negeri 1 Bumiayu, akan belajar secara online selama dua pekan kedepan. Hal ini menyusul kebijakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes meliburkan sekolah mulai 16 Maret – 29 Maret untuk pencegahan virus corona atau Covid-19.

Kepala SMP Negeri 1 Bumiayu Suparnyo mengatakan, saat ini sekolahnya tengah menyiapkan sistem pembelajaran online bagi siswanya. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi kevakuman masa belajar.”Paling lambat besok atau lusa, aplikasi belajar online sudah bisa diakses oleh siswa baik menggunakan laptop maupun android. Adapun untuk sementara ini tugas-tugas siswa disampaikan melalui grup WhatsApp masing-masing kelas,” katanya.

Dalam pembelajaran secara online nanti, Suparnyo menjelaskan, siswa terlebih dahulu mengakses website smpn1bumiayu.sch.id. Kemudian pada menu, siswa login dengan mengisikan username dan pasword.”Pembelajaran online ini meliputi pengayaan materi dan soal-soal,” ujarnya.

Menurut Suparnyo, pembelajaran secara online ini akan dipantau dan diawasi oleh masing-masing guru pengampu mata pelajaran.”Jadi setiap hari, guru dan siswa berinteraksi secara online,” ujarnya. Selain siswa harus belajar di rumah, Suparnyo menambahkan, sejumlah kegiatan sekolah juga harus ditunda. Antara lain Ujian Praktek yang rencananya dilaksanakan pada 23 Maret mendatang.”Lalu ada beberapa lomba OSN juga harus ditunda,” katanya.

Pada bagian yang lain, Suparnyo mengharapkan partisipasi dan dukungan orang tua dalam mengawasi anak-anaknya. Hal itu sangat penting karena selain agar anak tidak ketinggalan materi pelajaran, tetapi juga untuk mendukung keberhasilan pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran virus corona.”Tujuan sekolah diliburkan adalah untuk mengendalikan penyebaran virus corona. Oleh karenanya, perlu dukungan dari seluruh orang tua siswa,” ujarnya.(Teguh Tribowo/Red38)

BERITA LAINNYA