Take a fresh look at your lifestyle.

Sekda; Soal Kemiskinan Brebes Masih di Atas Dua Kabupaten Lain

BREBES – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Brebes, Djoko Gunawan menandaskan, tingkat kemiskinan di Kabupaten Brebes masih berada di atas dua kabupaten lain di Jawa Tengah. Hal itu sesuai dengam data Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng per Maret 2019.

“Ini perlu saya luruskan, jika menyangkut data kemiskinan, saat ini masih ada dua kabupaten lain yang berada di bawah Brebes. Jadi dari 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah, Brebes berada diurutan ke-33. Sehingga, tidak benar kalau Brebes dikatakan daerah termiskin,” ungkap Djoko Gunawan, menanggapi munculnya data Brebes menjadi daerah termiskin di Jawa Tengah, Selasa (14/1).

Djoko tidak menjelaskan, kabupaten mana yang posisi di bawah Brebes. “Untuk data, atau nama kabupaten di bawah Brebes, silahkan buka di situs resmi BPS Jateng. Sebab, ini juga berdasarkan data dari BPS Jateng,” tandasnya.

Sekda mengungkapan, berdasarkan data BPS Jateng per Maret 2019, angka kemiskinan di Brebes pada posisi 16,22 persen dari jumlah penduduk yang mencapai 1,9 juta jiwa lebih. Jika dibandingkan tahun sebelumnya mengalami penurunan, yang semula dari 17,17 persen. “Ini ada penurunan sebesar 0,95 poin,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, jika tingkat kemiskinan itu melihat jumlah penduduk, besarnya mencapai 293.180 jiwa. Hal itu mungkin yang disampaikan, jika jumlah penduduk miskin di Brebes paling besar di Jateng. Itu terjadi lantaran jumlah pendudul Brebes paling besar di Jateng. “Kalau acuannya populasi, memang jumlah penduduk miskin di Brebes paling besar, karena memang jumlah penduduknya paling banyak,” sambungnya.

Djoko menambahkan, pihaknya optimistis ke depan angka kemiskinan tersebut bisa terus ditekan. Apalagi, Brebes kini telah ditetapkan menjadi kawasan industri di Jateng. Hal itu diharapkan bisa ikut menekan angka kemiskinan tersebut. “Adanya kawasan industri ini, saya yakin bisa terus menekan angka kemiskinan di Brebes, Apalagi, adanya kawasan industri pertumbuhan ekonomi di Brebes ditargetkan mencapai angka 7 persen,” sambungnya.

Sementara berdasarkan data BPS melalui situs resminya, diketahui angka kemiskinan di bawah Brebes, masih ada Kabupaten Wonosobo dengan 16,63 persen. Kemudian, Kabupaten Kebumen dengan 16,82 persen.

(b.setiawan-red2)

BERITA LAINNYA