Take a fresh look at your lifestyle.

Sejumlah Kades di Bantarkawung Datangi Pendapa Kabupaten

- Terkait Penanganan Covid l-19 Di Wilayahnya

985

BREBES – Sejumlah Kades di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Kamis sore (7/5), mendatang Pendapa Kabupaten untuk menemui Bupati Brebes, Idza Priyanti. Itu dilakukan terkait penanganan virus korona (covid-19), menyusul adanya 14 warga di Bantarkawung positif covid-19.

Sejumlah perwakilan kades tersebut langsung ditemuai Bupati Brebes Idza Priyanti bersama Sekda Pemkab Brebes Djoko Gunawan dan sejumlah pejabat terkait. Mereka kemudian melakukan audiensi di ruang Pendapa Kabupaten.

Kades Tambakserang Kecamatan Bantarkawung, Usep Asikin mengatakan, perwakilan kades di wilayah Bantarkawung menemui bupati terkait penanganan covid-19 di wilayah tersebut. Mengingat Bantarkawung kini menjadi zona merah, menyusul adanya 14 warga yang positif covid-19. Selama ini penanganan covid-19 hanya diserahkan ke tiap-tiap desa. Untuk itu, pihaknya meminta Pemkab juga harus turun tangan. Apalagi, Pemkab juga sudah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) untuk pencegahan penyebaran virus tersebut. Di sisi lain, pemberlakuan PKM itu dibutuhkan konsekuensi yang diberikan ke masyarakat. Di antaranya, bantuan sosial, bantuan masker dan pengawasan kegiatan. “Kami menemui Bupati ini untuk meminta Pemerintah Daerah hadir dalam penanganan ini, termasuk untuk mencukupi kebutuhan anggaran penanganannya. Kami selama ini sudah maksimal melaksanakan apa yang dianjurkan Pemkab Brebes,” ungkapnya.

Menurut dia, para kades menghadapi beberapa kendala dalam penanganan covid-19 di tingkat desa. Di antaranya, kesulitan memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus, misal pemakaian masker. Kemudian, dengan pemahaman adanya pembatasan kegiatan masyarakat. Apalagi, dengan diberlakukannya PKM itu sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat. Untuk itu, pihaknya juga meminta Pemkab segera menyalurkan bantuan sosial kepada warga di wilayah Bantarkawung. “Alhamdulilah dari audiensi ini, Bupati berkomitmen, dan telah menyalurkan bantuan masker serta meminjamkan mobil operasional. Dalam waktu dekat, bantuan sosial seperti beras juga akan disalurkan,” ungkapnya.

Sementara, Sekda Pemkab Brebes Djoko Gunawan mengatakan, bantuan sosial berupa beras atau paket sembako akan disalurkan ke Bantarkawung mulai besok, Jumat (8/5). Selain itu, bantuan-bantuan lain juga akan segera disalurkan dalam upaya mengatasi covid-19 tersebut. “Jumat besok, bantuan akan kami salurkan ke desa-desa di Bantarkawung yang ada warganya positif covid-19,” kayanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, PKM yang diterapkan lebih fokus pada moda transportasi. Artinya, jalur transportasi di enam desa Kecamatan Bantarkawung yang terdapat warga positif Covid-19 diperketat. Namun demikian, untuk proses kegiatan ekonomi warga masih tetap berjalan.”Jadi, kita utamakan pembatasan pada moda transportasi di enam desa yang ada warganya positif,” pungkasnya.

(setiawan-red2)

BERITA LAINNYA