Take a fresh look at your lifestyle.

Satgas Pamtas RI -Malaysia Jalani Pemeriksaan Kesehatan

101

ADIWERNA- Dalam rangka penyiapan satuan tugas (Satgas) pengamanan  terbatas (Pamtas) RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat, Komandan Yonif 407/PK beserta seluruh prajurit yang tergabung dalam Satgas melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan diselenggarakan di tiga tempat yaitu Rumah Sakit DKT Pagongan Tegal, Sasana Beladiri dan Aula Kapten Damhuri Amir Yonif 407/PK, Senin (8/6).

Kegiatan pemeriksaan kesehatan (Rikkes) anggota Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK  diselenggarakan oleh Denkesyah 04.04.01 Purwokerto dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Untuk mekanisme kegiatan dibagi menjadi beberapa gelombang dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

Pasiminkes Denkesyah 04.04.01 Purwokerto Kapten Ckm Eko Yuliono selaku koordinator umum kegiatan Rikkes menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan anggota militer yang akan berangkat tugas merupakan salah satu kegiatan untuk mengetahui sejauh mana kondisi fisik dan kebugaran seorang prajurit, dengan harapan dapat mengetahui kelainan/penyakit pada prajurit tersebut.

Dengan pemeriksaan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan personel diharapkan dapat menunjang tugas yang dibebankan kepada Prajurit guna mendukung pelaksanaan tugas secara optimal.

“Disini kami atas perintah dari Komando Atas melaksanakan pemeriksaan kesehatan prajurit untuk Pratugas Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK di wilayah Kalbar. Denkesyah 04.04.01 Purwokerto bertugas melaksanakan pemeriksaan kesehatan, sehingga jika ditemukan kelainan kesehatan (penyakit) bisa diambil tindakan medis yang memadai,” jelasnya.

Adapun pemeriksaan kesehatan secara fisik diagnostik diantaranya,  tinggi badan dan berat badan, tekanan darah dan nadi, gigi dan mulut,sedangkan pemeriksaan laboratorium diantaranya  darah rutin, urine rutin, fungsi hati, HIV dan Malaria. Selain itu akan dilaksanakan pemeriksaan Thorax foto, EKG dan MMPI-2

“Untuk kesehatan jiwa akan diperiksa dan dicek, mudah-mudahan dalam pelaksanaan ini seluruh prajurit sehat jiwanya baik fisik maupun mental,” imbuhnya.

Di sela-sela kegiatan, Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, menuturkan, bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan harus dilaksanakan sebagai prosedur dan mekanisme penyiapan personel untuk Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK Tahun 2020-2021 di wilayah Kalbar.

Ia menyampaikan, seluruh prajurit baik yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 407/PK maupun sebagai personel cadangan wajib melaksanakan rangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan (Rikkes). Disamping untuk penyiapan Satgas, untuk Prajurit juga dapat mengetahui kondisi kesehatannya. (Sari/Red-06)

 

BERITA LAINNYA