Take a fresh look at your lifestyle.

Salut! Pemuda di Mintaragen Tegal Bentuk Gugus Tugas Covid

TEGAL – Para pemuda di rukun warga (RW) 08, Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur membentuk Gugus Tugas Covid-19 untuk kewaspadaan dan pencegahan virus mematikan tersebut. Keberadaan mereka dinilai membantu pemerintah dalam menangani Covid-19.

“Kami sangat mengapresiasi. Seandainya semua RW melakukan seperti ini, tugas berat pemerintah dalam menangani wabah Covid-19 akan semakin ringan,” ungkap Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi saat meninjau Posko Gugus Covid Tugas Pemuda RW 08 di Jalan Cimanuk, Sabtu (9/5) siang.

Menurut Jumadi, selain atas rahmat Allah, kembalinya Kota Tegal menjadi zona hijau dari pandemi Covid-19, ini merupakan hasil usaha dan kerja keras sejak beberapa bulan terakhir. Terlebih dengan keberadaan gugus tugas di tingkat RW seperti di RW 08, Kelurahan Mintaragen.

Jumadi meyakini, partisipasi masyarakat akan sangat membantu dalam mempertahankan status Kota Tegal tetap di zona hijau. Dia berharap, keberaan pemuda di RW 08 dapat ditiru di tempat lain.

“Ini saatnya bersinergi dengan Pemerintah. Sebab, tanpa partisipasi masyarakat, kami tidak akan mampu menangani wabah Covid-19,” pungkasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari mengatakan, apa yang dilakukan pemuda RW 08 sudah sesuai dengan program pemerintah. Menurutnya, yang membanggakan adalah Gugus Tugas Penanganan Covid-19 warga RW 08 ini merupakan inisiatif sendiri dan dilaksanakan mandiri.

Sementara itu, ketua Gugus Tugas Pemuda RW 08 Kelurahan Mintaragen, Parminto menjelaskan, keprihatinan warga RW 08 khususnya kaum muda dengan mewabahnya Covid-19 menjadi dasar utama dibentuknya gugus tugas tingkat RW.

Setelah dibentuk bersama para pemuda di lingkungan tempat tinggalnya, mereka bergerak cepat melakukan berbagai macam kegiatan. Seperti melakukan anjuran dari pemerintah secara mandiri, baik pembuatan spanduk, pamflet dan pendataan warga.

“Warga kami yang berada di luar daerah didata. Termasuk juga warga yang diketegorikan rentan dengan Covid 19 juga ikut didata. Sejauh ini, kami mencatat ada 89 warga RW 08 yang perantau. Dimana 16 diantaranya sudah pulang dan kami beri himbauan,” tegasnya.

Selain itu, Tim Gugus Tugas RW 08 juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan dua kali dalam satu bulan. Termasuk melakukan pendampingan dalam penyaluran bantuan-bantuan baik dari swasta maupun dari pemerintah agar tepat sasaran. (Haikal/ red10)

BERITA LAINNYA